Tanda-Tanda Kalian Terjebak dalam Zona Nyaman

Sobat HeRo pernah ngga sih merasa kalo pekerjaan kalian gitu-gitu aja. Setiap hari terasa seperti rutinitas yang menjenuhkan. Perjalanan ke kantor jadi terasa flat, sampai di kantorpun tidak ada motivasi. Jika sobat HeRo pernah mengalami hal tersebut, bisa jadi kalian sudah terlalu lama berada di zona nyaman. Selain ciri diatas, masih ada beberapa tanda lain yang menjelaskan bahwa kalian terlalu lama berada di zona tersebut. Apa saja itu?

Menjadi Pemalas

Seperti penjelasan singkat diatas, hal pertama yang terlihat jelas ialah perubahan sikap. Kalian yang biasanya pergi bekerja dengan semangat, tiba-tiba kini merasa berat. Rasa malas dan bosan bisa timbul karena hilangnya sense of excitement dalam bekerja. Nah penyebab hilangnya sense tersebut bisa dikarenakan kalian sudah terlalu lama stuck di zona nyaman. Pekerjaan yang seharusnya bisa mengembangkan diri kalian malah berubah menjadi rutinitas belaka. 

Procastinator

Ketika kalian sudah bosan dan malas, maka hal terebut akan memengaruhi produktifitas sobat HeRo. Kalian yang dulunya rajin perlahan mulai menjadi procastinator. Dulu selalu berangkat awal kini menjadi tim deadliner.  Hal tersebut tentu kurang menguntungkan baik bagi diri sendiri maupun perusahaan ya sobat. Karena, tugas yang dikerjakan dengan tergesa-gesa akan menghasilkan hasil yang kurang maksimal. Kalau hasil kurang maksimal pasti profit juga tidak bisa maksimal sobat.

Baca juga kuy!

Pasif

Nah ciri ketiga jika sobat HeRo terlalu senang berada di zona nyaman ialah ketika kalian menjadi pasif. Orang-orang yang terjebak di zona nyaman cenderung menghindari tantangan baru di bidangnya. Hal tersebut bisa dikarenakan rasa takut gagal maupun kurangnya ambisi. Mereka merasa sudah cukup dengan keadaan mereka saat ini dan tidak memerlukan adanya pengembangan diri. Hal itu tentu kembali ke individu masing-masing, tetapi pengalaman kerja kalian akan jauh lebih berkesan jika sobat berani mengambil resiko agar skill dalam diri lebih terasah.

Tidak Fokus

Menjadi tidak fokus dalam bekerja juga merupakan ciri dari terlalu lama berada di zona nyaman. Ketika individu dihadapkan dengan rutinitas yang sama dalm kurun waktu yang lumayan lama, maka tingkat fokus mereka akan semakin menurun. Rutinitas tersebut juga akan menimbulkan rasa bosan. Nah, ketika sobat HeRo sudah bosan, pasti fikiran akan terdistraksi ke hal lain yang belum pernah kalian lakukan. Kalau sudah begitu, dijamin deh pasti pekerjaan yang kalian lakukan memiliki lebih banyak kesalahan. Mulai dari typo, ketidaksinambungan, dll.

Tingkat Profesionalitas Menurun

Nah jika sobat HeRo sudah mengalami sederet tanda yang disebutkan diatas, maka akumulasi dampak yang terasa ialah tingkat profesionalitas yang menurun. Mulai dari timbulnya rasa malas, ingin menunda pekerjaan, menjadi pasif hingga tidak fokus. Ciri-ciri tersebut akan secara langsung memengaruhi tingkat profesionalitas kalian dalam bekerja. Jika sudah begitu peluang kalian untuk mendapatkan surat teguran akan lebih besar. Disisi lain citra positif yang sudah kalian bangun bisa juga terganggu (Hanim 2020). 

Kelima ciri tersebut sering ditemui di dunia kerja loh sobat. Apakah kalian pernah mengalami satu diantaranya? Atau lebih? Jika iya yuk mulai beranikan diri keluar dari zona nyaman. Tak usah khawatir tidak ada hasil yang akan menghianati usaha.

Penulis : Aliza Prasasty Mawaddah

Editor : Rosa Vinta Prasinda Putri

Sumber:

Hanim, Afifah. 2020. www.idntimes.com. 10 November. Diakses November 21, 2020.

  • Share this post

Leave a Comment