Yuk Intip Gaji HRD yang Mengundang Pertanyaan!

RuangHR – Ngomongin gaji, niih, profesi sebagai Human Resource Development (HRD) tentunya membutuhkan banyak upaya terutama dalam hal ekonomi dan hukum. Namun begitu, tahukah Anda kisaran gaji seorang HRD?

Tanggung jawab HRD

Menurut laman resmi Pemerintah Kabupaten Buleleng, divisi HRD umumnya memiliki tugas berupa rekrutmen, seleksi karyawan baru, serta melakukan pengembangan. Selain itu, HRD memiliki tugas untuk melakukan pelatihan terhadap senior maupun junior pada perusahaan.

Tugas tersebut membuat HRD memiliki tanggung jawab yang cukup besar di dalam perusahaan. Oleh sebab itu, sebagai seorang HRD sudah semestinya untuk dapat menguasai soft skill sehingga dapat menunjang karir dengan mengembangkan public speaking.

Lebih dari pada itu, HRD juga dituntut untuk dapat menguasai teknologi yang dibutuhkan oleh perusahaan agar dapat mengatur urusan yang berkaitan dengan, hal-hal administrasi.

Kisaran gaji HRD

Seperti yang dipantau dari Jobstreet, kisaran gaji HRD rupanya bervariasi. Yang terbesar yaitu,  Rp6.000.000 hingga Rp12.000.000 pada posisi manajer Sumber Daya Manusia (SDM). Gaji tersebut tergantung pada kuantitas pengalaman dan kualitas asal pekerjaan yang dimiliki.

Kemudian, pada posisi Staff HRD kisaran gaji yang diberikan yaitu sebesar, Rp3.500.000. Sementara itu, untuk mahasiswa yang baru saja lulus atau fresh graduate akan mendapat gaji dengan kisaran RP2.800.000.

Sedikit kisah

Sejalan dengan hal ini, laman resmi Quora juga pernah melakukan diskusi daring dengan penggunanya dengan memberikan pertanyaan seperti berapa kisaran gaji HRD? Atas pertanyaan tersebut, terdapat 27 respon yang terlibat, beberapa diantaranya yaitu,

“Saya profesional di bidang HRD dan pastinya punya data Industri tempat kerja saya mengenai kisaran gaji HRD di berbagai level. Tapi saya nggak akan pakai itu karena tiap Industri berbeda dan data itu adalah data perusahaan tempat saya bekerja dulu jadi nggak bisa di share sembarangan.

Oleh karena itu agar bisa menjawab saya pakai pengalaman pribadi saya sendiri saja ya. 16 tahun lalu mulai karir di dunia HRD dengan gaji 1 digit, pindah perusahaan setiap 2 tahun dan akhirnya betah banget di perusahaan saya terakhir dimana saya kerja selama 6 tahun.

Ketika saya berhenti kerja 5 bulan lalu untuk pindah negara, gaji total saya di level 3 digit. Belum termasuk manfaat lain yg tidak berupa uang tunai. Jadi jawabannya range mulai dari 1 – 3 digit, Atau gampangnya kalau di Jakarta mulai dari UMP 4.2 juta – 100 juta keatas. Tentu dengan pengalaman, kualitas dan kredibilitas yang memuaskan,” ujar Heny Mustikasari, Passionate People Practitioner, dikutip dari Quora.

Kisah lainnya

Tidak hanya itu, Ananda Syahrendar Perdana seorang S3 di Ilmu politik juga mengatakan hal yang sama. Sepupunya yang berprofesi sebagai seorang Staff HRD yang bekerja di perusahaan besar nasional, dapat mengantongi gaji sebesari 5 juta rupiah setiap bulannya.

Namun begitu, jumlah gaji yang sedemikian besar tidak lantas membuat saudaranya cukup. Hal itu menurutnya, karena pendapatan yang diterima tidak dapat dimaksimalkan dengan baik.

“Bayangkan di negeri ini banyak yang gajinya lebih kecil daripada dia, namun merasa gajinya berkecukupan.

Tetapi memang gaji Staf HRD di negeri ini masih kalah dengan beberapa negara dan menjadi terlihat sangat rendah.

Saudara saya di RRC yang sama-sama staf HRD saja jika diukur dengan kurs rupiah, sekitar 25 juta rupiah, atau 5 kali lipatnya,”ujar Ananda Syahrendar Perdana.

Begitu juga sebagaimana yang disampaikan oleh Dara. Dia mengatakan sebagai seorang HRD yang bekerja di perusahaan kontraktor pembangkit listrik, kisaran gaji setiap posisi HRD tergantung pada level posisi serta skala perusahaan.

“Mungkin jika diposisi manager anda layak mendapat gaji lebih, karena jujur saja memanage manusia itu tidak mudah terkadang menguras emosi dan pikiran. Nah, untuk posisi staff, biasanya itu di atas UMK tergantung perusahaan mengatur grade karyawan dimana.”

“Intinya kembali lagi ke diri masing-masing, jika ditawarkan sebuah pekerjaan dengan angka tertentu, tanyakan ke diri masing-masing mengenai tujuan anda bekerja saat ini apa? Dan apakah dengan tanggung jawab dan gaji yang ditawarkan ‘worth it’ bagi anda atau tidak?”

“Karena setiap orang bekerja passionnya berbeda—beda, ada yang memilih bekerja di lingkungan yang nyaman dan prestasi diapresiasi oleh atasan meskipun gaji tidaklah besar atau bekerja di bawah tekanan lebih dan terkadang membuat pusing kepala tetapi gajinya berkali-kali lipat besarnya,”ujar Dara.

Penulis : Ega Krisnawati

Editor: Habibah Auni

Refrensi:

Bibliography

Buleleng, W. R. (2019, November 20). Yuk Kita Intip, Berapa Gaji Karyawan HRD di Perusahaan Indonesia! Retrieved from https://bulelengkab.go.id/detail/artikel/yuk-kita-intip-berapa-gaji-karyawan-hrd-di-perusahaan-indonesia-82.

Quora. (2019, Oktober 26). Berapa Gaji HRD . Retrieved from https://id.quora.com/Berapa-kisaran-gaji-HRD.

  • Share this post

Comments

Leave a Comment