Wawancara Secara Daring Selama Pandemi? Simak Tips Berikut Ini

Saat ini kita sedang di hadapkan pada satu virus yakni covid-19. Virus ini memberikan dampak pada berbagai aspek yang ada, terutama pada masalah pekerjaan. Hal ini berpengaruh pada banyaknya kandidat yang hendak direkrut oleh perusahaan. Walaupun dalam keadaan pandemi covid-19, kenyataannya masih ada beberapa perusahaan yang tetap membuka lowongan pekerjaan, benar kan? Proses rekrutmen pekerjaan ini tentunya perlu melewati proses administrasi juga proses wawancara. Wawancara sendiri merupakan salah satu proses rekruitmen karyawan yang cukup mendasar. Akan tetapi, di tengah pandemi covid-19 tentunya kamu tidak bisa datang ke kantor dan melakukan wawancara secara langsung. Oleh sebab itu, saat ini wawancara dilakukan secara daring melalui berbagai aplikasi yang ada. Akan tetapi, seringkali kamu mungkin merasa bingung harus bersikap bagaimana saat wawancara daring.

Maka dari itu, kami Tim jurnalis Ruang HR telah menyediakan beberapa tips agar kamu tidak bingung lagi saat menghadapi wawancara daring dengan HRD. Berikut tipsnya :

Cobalah untuk melakukan riset.

Setelah kamu mendapatkan panggilan untuk melakukan wawancara, kamu harus segera melakukan observasi terhadap wawancara yang akan kamu hadapi secara daring nantinya.  Beberapa hal yang harus kamu observasi dapat kamu lihat dari daftar yang ada di bawah ini :

  1. Bacalah dan carilah informasi apapun tentang perusahaan tempat kamu melamar kerja tersebut, seperti tentang budaya perusahaan, operasionalnya dan juga pencapaian atau project yang ada dalam waktu dekat ini.
  2.  Lihat dan cermati lagi uraian pekerjaan pada posisi yang kamu lamar. Kamu perlu mengetahui dan memahami dirimu berdasarkan uraian pekerjaan itu.
  3. Pikirkan kembali tentang potensi serta pengalaman yang kamu miliki dan juga pahami apakah ada keuntungan jika semua itu kamu bawa ke perusahaan tempat kamu melamar bekerja
  4. Lihat kembali surat lamaran yang kamu buat dan berusahalah bertanggung jawab atas apa yang telah kamu tulis.
  5. Susun daftar pertanyaan dan daftar jawaban

Siapkan kelengkapan video conference untuk wawancara

Sesudah kamu dihubungi kembali untuk melakukan wawancara dan kemudian mendapatkan jadwal wawancara secara daring, maka kamu perlu fokus untuk melakukan persiapan pada piranti teknologi yang akan kamu gunakan untuk wawancara. Kamu harus pastikan aplikasi yang akan digunakan wawancara, kualitas kamera dan suara, juga tempat (latar belakang) video kamu. Semuanya haruslah kamu persiapkan dengan matang dan juga dengan baik. Terutama masalah sinyal internet, kamu perlu memiliki kartu data sampingan agar ketika terjadi gangguang jaringan kamu masih memiliki cadangan dan hal itu tidak akan menghambat wawancaramu dengan lama.

Baca juga

Siapkanlah tempat yang membuatmu nyaman saat wawancara secara daring

Melakukan wawancara walaupun secara daring perlu juga memperhatikan tempat. Siapkanlah tempat yang nyaman bagimu untuk melakukan wawancara. Kamu dapat memilih tempat yang tenang dan tidak diganggu oleh suara yang berisik serta tidak penuh dengan berbagai macam gangguan. Kamu juga harus mencari tempat dengan pencahayaan yang cukup agar saat wawancara dengan HRD kamu dapat terlihat jelas di kamera. Beberapa aspek penting ini akan sangat mempengaruhi kamu saat melakukan wawancara. Suasana yang mendukung tentunya akan membantu kamu berkonsentrasi menjawab pertanyaan HRD akan tetapi tetap enjoy selama wawancara berlangsung.

Itulah beberapa tips yang dapat diterapkan saat melakukan wawancara secara daring. Semoga sukses.

Penulis: Cristovani Denavia

Editor: Rosa Vinta

Sumber: 

https://id.jobsdb.com/id-id/articles/sukses-interview-dengan-hrd-melalui-video-conference/

Comments

Leave a Comment