Training Content Creator: Script Writer Harus Siap Berproses

Departemen Content Creator RuangHR mengadakan kegiatan pelatihan bertajuk “Training Script Writing” pada Selasa Sore, (06/04/2021).

Konsep utama dari acara sendiri adalah seputar Script Writing (Penulisan Naskah). Pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan rutin dari Departement Content Creator untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan dari pada anggotanya.

Untuk pemateri sendiri adalah mahasiswa Jurnalistik UIN Bandung yang sekaligus penggiat media, Nazmi Syahida. Narasumber sendiri pernah menjadi penulis di Brisikid, Galamedia, Andretron Writer, serta pemimpin umum pers Jurnalposmedia.com.

Nazmi menjelaskan Script Writer adalah seseorang yang menulis naskah maupun cerita untuk mendeskripsikan sesuatu secara tertulis. Narasumber juga mengajak peserta untuk terus belajar mengenai konten video untuk meningkatkan kemampuan.

“Teman-teman harus mau belajar tentang video, dan konten lainnya. Kita bisa jadi lebih baik kalau bisa belajar dan menghargai karya orang lain sebagai pembelajaran atau (sebagai) cerminan diri,” ungkap Nazmi saat menyampaikan materi melalui platform Google Meet.

Materi yang disampaikan oleh narasumber memang cukup lengkap. Mulai dari proses penulisan naskah, dasar penulisan konten, metode pengembangan pembahasan, tips dan trik, hal yang harus diperhatikan penulis sampai dengan contoh naskah yang baik juga diberikan.

Selain penyampaian materi, dalam acara ini juga diadakan training secara langsung dimana para peserta membuat naskahnya masing-masing. Kemudian Nazmi memberikan evaluasi dan saran untuk tulisan dari peserta.

Nazmi juga menekankan bahwa menjadi  Script Witer yang handal harus selalu siap menjalani proses. “Harus terus mencoba, jangan menyerah, dan mau berproses. Kurang atau lebih bakal selalu ada, nikmati aja proses perjalannya dan tetap apresiasi diri sendiri untuk karya yang sudah dibuat,” pungkasnya.

Reporter : Natasha Sabatini

Editor : Faiz Sultan

Comments

Leave a Comment