Tips Remote Working Bagi HRD di Masa Pandemi

Semua karyawan tentunya, melakukan remote working, termasuk HRD. Bekerja dari jarak jauh mempunyai tantangan tersendiri bagi HRD dalam melaksanakan remote working, karena tugas HRD akan menjadi sangat kompleks. Seperti kesulitan koordinasi dengan sesama rekan HRD, melakukan interview online, dan memproses tugas administrasi.

Baca juga:

Kendala lainnya yang dialami oleh HRD bisa disebabkan karena kurang memadainya sistem untuk menunjang kinerja HRD. Agar kinerja HRD sesuai dengan rencana yang ada, kali ini RuangHR akan berbagi tips remote working bagi HRD di masa pandemi. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Sosialisasi tentang remote working kepada karyawan

Hal pertama yang sangat penting bagi HRD agar remote working berjalan sesuai rencana adalah dengan melakukan sosialisasi kepada semua karyawan terkait remote working dan penerapannya. HRD juga harus memastikan semua karyawan memahami dengan benar inti dari sosialisasi yang disampaikan. 

Sosialisasi dapat berupa penerapan absensi karyawan saat bekerja jarak jauh pada masa pandemi agar mudah saat pencatatan kehadiran, penerapan jam mulai bekerja dan selesai bekerja, dan berbagai penerapan sosialisasi yang lain.

2. Memastikan kondisi tubuh tetap fit dan sehat

Meskipun bekerja dari jarak jauh, HRD juga harus selalu memperhatikan kondisi tubuhnya saat bekerja. Agar tubuh tetap fit dan sehat selama bekerja maka yang harus dilakukan adalah dengan olahraga ringan seperti senam dan yoga, makan makanan yang bergizi dan minum multivitamin. Hal tersebut bisa menjaga tubuh untuk lebih siap dalam bekerja dan dapat terhindar dari stress.

3. Membangun hubungan yang sehat dengan sesama rekan dan karyawan

Tugas HRD memang banyak, akan tetapi hal itu tidak menghalangi HRD meluangkan waktu singkat untuk menanyakan kondisi sesama rekan HRD dan karyawan, yang dapat membantu mereka untuk merasa menjadi bagian penting dalam perusahaan.

Di masa pandemi seperti sekarang, dukungan mental sangat dibutuhkan. Dengan begitu apabila hubungan berjalan dengan baik, maka HRD akan lebih mudah dalam membicarakan progress tim HR. Dan juga, dapat mengetahui dan memantau kinerja karyawan lain.

4. Menyiapkan alat penunjang untuk bekerja

Teknologi wajib dibutuhkan dalma menunjang bekerja jarak jauh atau remote working. Dalam hal ini, HRD harus mempersiapkan sarana dan prasarana yang digunakan dalam mendukung kinerja HRD. Seperti komputer atau PC, laptop, dan smartphone.

Dan yang tak kalah pentingnya, adalah koneksi internet agar selalu tetap terhubung saat melakukan koordinasi dengan sesama rekan HRD maupun dengan semua karyawan.

5. Menerapkan learning mindset

Berbagai strategi dalam pengelolaan karyawan sangat penting seperti fleksibel, mudah beradaptasi, dan menerapkan learning mindset. Learning mindset dalam penerapannya sangat berguna bagi pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pembelajaran mandiri. 

Walaupun saat remote working, HRD tetap bisa mengadakan pelatihan dan pengembangan kepada semua karyawan yang ada di perusahaan. Implementasi pengembangan dan pelatihan karyawan yang sesuai rencana akan memberikan dampak yang besar bagi Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki oleh perusahaan.

Itulah tips remote working bagi HRD di masa pandemi. Jarak yang jauh tidak menjadi suatu halangan bagi HRD untuk dapat terus memberikan yang terbaik bagi perusahaan terutama bagi semua karyawan. Sehingga pengelolaan karyawan akan tetap berjalan sesuai dengan rencana.

Penulis: Laili Rizqi

Editor: Habibah Auni

LinovHR[https://www.linovhr.com].(2020).”5 Tips Remote Working untuk HRD”. Diakses tanggal 24 Oktober pukul 08.50.

Leave a Comment