Tips Onboarding Karyawan Baru bagi HR

Manfaat orientasi tidak bisa dilebih-lebihkan. Mendorong karyawan baru menuju produktivitas, mengurangi pergantian karyawan, dan mempromosikan budaya perusahaan yang positif adalah keuntungan bagi diri sendiri serta staf lainnya.

Kemungkinan perusahaan memahami pentingnya memperkenalkan karyawan baru ke organisasi. HR mungkin sudah memiliki program orientasi yang efektif sebelum tahun 2020. Ketika COVID menyerang, para HR mungkin dengan tergesa-gesa mengubah proses orientasi saat ini menjadi rencana virtual. Mungkin termasuk pertemuan ad hoc Zoom dan ledakan email dengan tautan ke dokumen yang tersebar.

Pandemic membuat seluruh program kerja berubah drastis, dan program orientasi adalah salah satunya. HR harus mampu mengubah platform virtual menjadi wadah yang interaktif, menyenangkan, serta bermakna bagi karyawan baru serta anggota perusahaan untuk mengenal satu sama lain, lingkup kerja, dan hal lainnya. Untuk itu, berikut merupakan ide yang bisa dipertimbangkan oleh HR untuk merencanakan program onboarding karyawan baru.

Apa itu Onboarding?

Onboarding adalah istilah industri sumber daya manusia yang mengacu pada proses memperkenalkan karyawan yang baru dipekerjakan ke dalam suatu organisasi. Juga dikenal sebagai sosialisasi organisasi, orientasi adalah bagian penting dalam membantu karyawan memahami posisi baru dan persyaratan pekerjaan mereka. Ini adalah proses yang membantu mereka berintegrasi mulus dengan bagian perusahaan lainnya. Ada banyak aktivitas yang masuk ke dalam proses orientasi, mulai dari tawaran pekerjaan hingga pelatihan tim. Orientasi dapat berlangsung dari beberapa minggu hingga satu tahun, tetapi orientasi yang paling efektif biasanya berlangsung setidaknya beberapa bulan. Idealnya, karyawan akan merasa percaya diri dan kompeten saat proses onboarding selesai.

Baca Juga :

Apa Saja yang Dilakukan saat Onboarding?

Orientasi terdiri dari beberapa proses individu; Namun, kegiatan ini tidak memiliki definisi resmi, dan pendapat masih bervariasi mengenai proses mana yang berada di bawah payung orientasi. Seperti yang tercantum dalam Panduan Definitif BambooHR untuk Orientasi, orientasi dapat mencakup hal sebagai berikut:

  • Tawaran pekerjaan
  • Negosiasi gaji
  • Dokumen perekrutan baru
  • Manfaat dokumen
  • Manfaat pendidikan
  • Fasilitas wisata
  • Perkenalan eksekutif
  • Perkenalan tim

Tips untuk Menambah Kesan Onboarding

Salah satu hal pertama yang harus dilakukan oleh HR adalah membuat templat email orientasi virtual yang menyertakan ikhtisar instan seputar informasi penting dan tautan ke dokumen penting. Onboarding software dapat membantu mengatur semua formulir karyawan baru. HR bahkan dapat menyertakan dalam tautan email sambutan ke modul pelatihan di perangkat lunak orientasi.

Dalam hal orientasi virtual, praktik terbaik adalah memfasilitasi ikatan antara rekan kerja seefektif saat interaksi secara langsung. Ide orientasi virtual yang akan memperkuat tim termasuk menugaskan beberapa “teman orientasi” untuk karyawan baru dan merencanakan makan siang virtual untuk mereka. Makan siang virtual memberi karyawan kesempatan untuk mengenal karyawan baru dan menawarkan untuk membantu mengarahkan mereka. Seringkali, suasana makan siang yang santai lebih cocok untuk interaksi positif di antara karyawan.

Seperti yang disebutkan, ide di balik contoh orientasi karyawan virtual ini adalah untuk mendorong interaksi. Menugaskan beberapa ‘teman orientasi’ ke karyawan baru akan menghubungkannya dengan sumber daya bermanfaat dan relevan yang akan membantunya menjadi lebih produktif dengan lebih cepat. Ingat juga untuk menugaskan ‘teman’ untuk memeriksa karyawan baru dan menyiapkan rehat minum kopi atau makan siang virtual.

Memberikan karyawan baru beberapa orang untuk bersandar pada dukungan akan menyebarkan beban untuk ditanggung bersama. Memperkenalkan karyawan baru kepada orang-orang dari berbagai bidang, namun tetap terkait, di perusahaan akan membantunya memahami gambaran besarnya. Dan terakhir, menugaskan beberapa teman orientasi akan meningkatkan kemungkinan bahwa salah satu dari mereka akan memiliki kepribadian yang cocok dengan karyawan baru.

Ide Permainan saat Onboarding

Trivia Karyawan Baru – Apa cara yang lebih baik untuk mempelajari karyawan baru selain memberikan kuis? Trivia acak bisa menjadi aktivitas orientasi yang bagus untuk karyawan baru yang menguji pengetahuan mereka dalam industri, budaya pop, perjalanan dunia, dan banyak lagi. Ini cara yang bagus untuk mempelajari setiap karyawan baru dan minat mereka.

Scavenger Hunt untuk Karyawan Baru – Siapa yang tidak menyukai scavenger hunt yang bagus? Bagi perusahaan menjadi beberapa tim atau kirim karyawan baru untuk berburu di seluruh perusahaan. Minta mereka menemukan berbagai objek di seluruh perusahaan, atau kirimkan mereka untuk mengumpulkan informasi tentang karyawan lain. Tawarkan kartu hadiah atau jenis imbalan lainnya bagi karyawan yang dapat menyelesaikan perburuannya!

Game Ice Breaking untuk Karyawan Baru – Ada beberapa game yang dapat dimainkan dengan karyawan baru untuk memberi mereka pengalaman orientasi yang keren.

Makan Siang di Luar Kantor – Mungkin kedengarannya tidak terlalu mengasyikkan, bukan? Tetapi jika makanan adalah bagian besar dari budaya perusahaan, maka tamasya makanan di luar lokasi kerja dan multi-restoran bisa menjadi ide orientasi yang unik untuk karyawan baru. HR bahkan dapat meminta setiap karyawan baru memilih restoran atau masakan favorit mereka agar orang lain belajar lebih banyak tentang mereka.

Setidaknya beberapa perubahan tempat kerja yang dibawa pandemi tetap ada. Jika dilakukan dengan benar, proses orientasi virtual untuk karyawan jarak jauh dapat seefektif orientasi di kantor.

Penulis  : Natasha Sabatini

Editor  : Elyoenai Rudang

Referensi      :

Human Resources Today. 2021. Virtual Onboarding Ideas For HR. Diakses pada Selasa 2 Maret 2021

Glassdor Team.2018. Fun & Engaging New Hire Onboarding Ideas. Diakses pada Selasa 2 Maret 202

BambooHR. Onboarding. Diakses pada Selasa 2 Maret 2021.

Sumber Gambar : /https://www.pexels.com/photo/people-on-a-video-call-4226140/

  • Share this post

Comments

Leave a Comment