Tips Menghadapi Kecemasan dalam Realita Dunia Kerja

Seseorang bisa menjadi cemas bila dalam kehidupannya terancam oleh sesuatu yang tidak jelas, karena menghadapi kecemasan dapat timbul pada hal yang berbeda-beda.

Kecemasan adalah suatu keadaan umum yang dialami dari waktu ke waktu sebagai tantangan terhadap situasi dan kondisi yang mengancam, nyata maupun khayal. (Mahmud, 1990 dalam jurnal Denia Martini Machdan, dkk). Dan tanda-tanda yang biasanya muncul berupa perasaan khawatir, gelisah dan perasaan perasaan yang kurang menyenangkan.

Biasanya disertai oleh rasa kurang percaya diri, tidak mampu, merasa rendah diri serta tidak sanggup untuk menyelesaikan masalah. Dan apabila seseorang individu menghadapi suatu masalah atau situasi konflik dia akan meragukan kemampuan dirinya dalam mengatasi masalah dan kesulitannya tersebut karena dia akan merasa kurang mampu bila dibandingkan dengan orang lain. 

Dalam pekerjaan atau proses mencari sebuah pekerjaan, kecemasan sudah pasti ada dan dirasakan hampir semua para pekerja dan pencari kerja. Kecemasan dalam menghadapi dunia kerja adalah perasaan khawatir yang dialami seseorang ketika menghadapi atau memasuki dunia kerja.

Kecemasan dapat disebabkan oleh banyak hal diantaranya peluang kerja yang semakin sempit, persaingan yang semakin ketat dan pengangguran semakin banyak, pengalaman yang sedikit dan dibutuhkannya kompetensi seperti pengetahuan, keterampilan serta sikap atau perilaku.

Baca Juga:

Terutama jika melihat perkembangan yang terjadi dalam dunia kerja saat ini, dimana pengalaman lebih di utamakan. Sedangkan rata-rata lulusan perguruan tinggi lebih minim pengalaman kerja. Setiap orang memiliki gambaran tentang dunia kerja.

Banyak yang mengangggap persaingan di dunia kerja menantang, tapi beberapa orang menganggap persaingan itu adalah hal yang mengerikan. Kesimpulan dapat ditarik dari uraian di atas adalah kecemasan di dunia kerja memang mengkhawatirkan di masa depan, ini tidak dapat diprediksi dan tidak jelas.

Tips Menghadapi Kecemasan di Dunia Kerja

Tapi tenang saja, di artikel ini akan membahas beberapa tips untuk membantu kalian dalam menghadapi kecemasan di dunia kerja.

Bersikap Masa Bodoh Dengan Omongan Orang yang Tidak Benar

Terkadang bersikap masa bodoh itu memang diperlukan. Terlebih lagi saat kamu memasuki dunia kerja. Omongan yang kurang bermanfaat dari rekan kerjamu sebaiknya kamu anggap angin lalu. Biar fokusmu bisa tercurahkan ke pekerjaan sehingga apa yang menjadi kewajiban utamamu di sana tetap berjalan dengan lancar.

Selalu fokus pada apa yang ingin kalian capai, tanpa memikirkan omongan orang-orang toxic itu sangat membantu dalam pengembangan karirmu juga. Terima nasehat mereka yang sekiranya memotivasi kalian dan jangan dengarkan ocehan atau sindirian mereka yang berusaha menjatuhkanmu.

Salurkan Hobi yang Bisa Membuatmu Merasa Tenang

Realitas di dunia kerja terkadang bisa menambah beban pikiran kalian. Akibatnya biasanya kalian merasa stres, sebaliknya justru akan menurunkan prestasi kerja kalian.

Untuk mengurangi stres, kalian dapat beralih selama jangka waktu tertentu untuk melakukan apa yang kalian suka. Suka menonton drama korea, membaca buku, atau bermain di luar. Hal itu bisa memperbaiki mood kalian dan bisa membuat kalian merasa nyaman untuk sejenak.

Selalu Berpikir Positif Terhadap Karir yang Sedang Dijalani

Mengesampingkan hal-hal yang kurang menyenangkan dari pekerjaan yang sedang kalian tekuni, bisa menjadikan kalian lebih fokus untuk menambah atau mengembangkan kecakapan diri.

Kalau kecakapan dirimu sudah ter-upgrade, modalmu untuk mengarungi masa depan sudah kamu kantongi. Selalu mengambil hal baik atau keuntungan dalam karirmu, hal itu dapat mengurangi rasa cemasmu terhadap apa yang sedang kalian jalani sekarang.

Nah, Sobat, Sebagai manusia yang tengah menapaki fase dewasa, dunia kerja memang tantangan yang harus kamu rasakan. Di balik semua manis pahitnya realita dunia kerja yang kamu rasakan, yakin deh pasti ada hal baik yang akan kamu tuai nanti.

Hanya saja kamu harus berusaha dulu dengan segenap hati, agar bisa lulus dari kenyataan-kenyataan yang kadang menguji emosimu ini. Tetap semangat dan terus kembangkan dirimu.

Penulis: Arlina

Editor: Miatu Khabbah

Referensi:

Mahmud.1990 dalam jurnal Denia Martini Machdan, dkk

Anitasari,  D.  (2012).  Hubungan  konsep  diri  dengan  kecemasan  menghadapi  dunia kerja pada mahasiswa semester akhir. Skripsi(Tidak Diterbitkan). Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata.

Burns, R.B. (1993). Konsep diri: teori, pengukuran, perkembangan dan perilaku(alih bahasa).Jakarta: Arcan.

Hurlock, E.B. (1997). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Sumber Gambar: https://www.ekrut.com/media/gangguan-kecemasan

  • Share this post

Leave a Comment