Bingung Cara Dapetin Sertifikasi HR? Simak Cara Berikut!

HR adalah salah satu profesi yang membutuhkan banyak keahlian khusus dalam hal pengelolaan sumber daya manusia (SDM) seperti program pengembangan karyawan, hubungan industri, negosiasi dan komunikasi, dan sebagainya. Semua keahlian ini tentu tidak mudah jika dipelajari dalam satu waktu.Saat ini telah banyak instansi yang mengadakan pelatihan atau seminar atau kuliah umum bagi orang-orang yang berkeinginan untuk bekerja sebagai praktisi HR. Hal itulah yang disebut dengan sertifikasi HR.

Keahlian di bidang HR dapat diukur dengan adanya penerbitan sertifikat yang diperoleh setelah seseorang melewati uji kompetensi HR. Proses sertifikasi diadakan sebagai bukti bahwa kemampuan HR seseorang telah dapat diakui sesuai standar yang berlaku.

Wajib sertifikasi HR?

Pada 22 Juli 2019 lalu, Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia mengeluarkan Surat Edaran nomor M/5/HK.04.00/VII/2019. Surat edaran itu berisi tentang tentang Pemberlakuan Wajib Sertifikasi Kompetensi terhadap Jabatan Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia. Surat ini menandakan bahwa tiap tenaga kerja profesional diwajibkan memiliki sertifikat kompetensi agar dapat diakui keprofesionalitasannya. 

Berdasarkan surat edaran tersebut, sertifikat kompetensi wajib dimiliki oleh para tenaga kerja profesional dalam 2 tahun sejak surat edaran tersebut diterbitkan. Uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikat kompetensi HR dapat dilakukan di LSP MSDMKI (Lembaga Sertifikasi Profesional Manajemen Sumber Daya Manusia Kompetensi Indonesia). Hal penting yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa sertifikat dari penyelenggara tersebut telah diakui oleh BNSP. 

BACA JUGA: Human Capital Management (HCM) Beserta Tantangannya!

Lakukan Pelatihan di Tempat Ini

Anda dapat melakukan pelatihan mengenai sertifikasi HR di beberapa tempat seperti HRD SPOT. Sertifikasi HR pun ada bermacam jenisnya, antara lain CPHRM, HRBP, dan HRMP. Untuk pelatihan CPHRM (Certified Professional in Human Resources Management) ada beberapa aspek yang harus dipelajari. Yaitu Human resources planning, Human resources acquiring, Human resources developing, Human resources maintaining, dan Human resources retaining. Proses sertifikasi terdiri dari observasi peserta selama tes, pembuatan paper work, dan beberapa tes tulis. Untuk jenjang profesional, peserta yang dinyatakan lulus berhak mencantumkan gelar CHRMP di belakang namanya sebagai identitas profesional.

Profesi HR Business Partner merupakan penghubung antara unit kerja dengan fungsi SDM dalam kaitan manajemen sumber daya manusia. Oleh sebab itu, profesi HR Business Partner sangat strategis. Beberapa hal yang perlu dipelajari agar lolos kompetensi HRBP adalah HR Administration, Recruitment & Selection (perencanaan tenaga kerja termasuk rekrutmen). Tak hanya itu, kalian juga akan Employee Relations and Communication, Compensation and Benefits, Training and Development, dan Health, Safety and Security.

Untuk pelatihan HRMP akan lebih menyasar pada HR Supervisor atau HR Officer, HR Manager atau GA Manager, Manager Non HR. Mereka harus berminat mempelajari HR Management, Eksekituf atau praktisi bisnis yang ingin tahu mengenai HR Management. Mereka juga mempelajari karyawan lain yang berkaitan dengan pengelolaan SDM (general affairs, industrial relation, humas, dsb.), dan Profesional atau individu yang berkaitan dengan pengelolaan SDM. 

Manfaat memiliki sertikat kompetensi HR

Secara umum, berikut adalah manfaat memiliki sertifikat kompetensi bagi praktisi HR.

  • Dapat melakukan fungsi koordinasi dengan bidang-bidang lainnya di dalam perusahaan
  • Mampu melakukan tugas-tugas yang secara langsung bersentuhan dengan masalah pegawai. Seperti mempekerjakan dan memberhentikan pegawai, mengevaluasi kinerja pegawai, memberikan penghargaan atas prestasi pegawai, dsb.
  • Menunjang kemampuan merumuskan strategi dan tujuan kebijakan perusahaan
  • Mampu memberikan saran kepada pemimpin perusahan apabila timbul hambatan-hambatan dalam kinerja perusahaan

Nah itu tadi adalah sedikit gambaran mengenai cara mendapatkan sertifikasi HR. Semoga membantu ya, Sobat HeRo!

Penulis: Indira

Editor: Thalitha Avifah Yuristiana

  • Share this post

Comments

Leave a Comment