Rekomendasi Pekerjaan Keren untuk Kamu yang Introvert

Introvert adalah sifat yang melekat pada diri seseorang yang cenderung pendiam, lebih senang menyendiri dan kurang dalam berinteraksi dengan lingkungan luar. Seseorang yang introvert lebih nyaman ketika mengerjakan segala sesuatu sendiri tanpa banyak bantuan dari pihak lain. Nah buat Sobat HeRo yang introvert ada rekomendasi pekerjaan untuk kamu. Apa saja pekerjaannya? Yuk langsung simak artikel berikut ini ya sobat HeRo!

Penulis

Dilansir dari idntimes.com. Menulis biasa dilakukan di tempat yang tenang, tidak banyak orang di dalamnya. Tentu saja hal ini agar dapat berkonsentrasi untuk mendapatkan inspirasi melalui tulisan. Jadi seorang penulis tidak membutuhkan banyak orang untuk menyelesaikan tulisannya. Nah, untuk Sobat HeRo yang introvert  cocok nih dengan profesi penulis.

Penerjemah

Jika sobat HeRo ahli dalam berbahasa asing, tidak ada salahnya mencoba menjadi penerjemah, apalagi buat kamu yang introvert. penerjemah akan lebih nyaman jika bekerja sendiri. Menerjemahkan sesuatu tentu membutuhkan konsentrasi tinggi tanpa campur tangan dari banyak orang. 

Akuntan

Akuntan biasanya melakukan analisis dan pelaporan finansial yang tentu saja berhubungan dengan angka-angka. Mereka akan sibuk sendiri dengan data-data keuangan yang begitu banyak dan tidak memerlukan campur tangan banyak orang. Jadi seorang yang introvert sangatlah cocok bekerja sebagai akuntan.

Pelukis

Melukis juga biasanya membutuhkan suasana yang tenang dan santai agar inspirasi lukisan bisa segera muncul. Sobat HeRo yang tidak suka berinteraksi dengan banyak orang bisa memilih profesi ini. 

Baca juga kuy!

Ilmuwan Peneliti

Dilansir dari linovhr.com. Seorang ilmuwan peneliti akan menghabiskan waktu mereka di laboratorium untuk berkutat dengan penelitian yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Untuk perusahaan ilmuwan dapat bekerja untuk perusahaan farmasi, pemerintah lembaga pendidikan, atau bahkan organisasi lingkungan non profit.

Ilmuwan peneliti akan merancang dan melakukan eksperimen dalam tes laboratorium, mengumpulkan dan menganalisis data, serta menentukan hasil. Penelitian ini sering melibatkan penelitian secara mandiri atau dalam tim kecil. 

Editor 

Seorang editor harus teliti dalam memeriksa tata bahasa dalam suatu naskah atau jurnal ilmiah. Buat sobat HeRo yang introvert cocok untuk menjadi editor karena butuh suasana yang tenang agar fokus dalam memeriksa naskah atau jurnal ilmiah.

Desain Grafis

Desain Grafis bertanggung jawab terhadap desain ilustrasi, logo, brand sebuah perusahaan. Mencari ide untuk membuat desain tidaklah mudah. Karena itu, seorang desain grafis perlu suasana yang tenang tidak terlibat banyak orang. Karena mereka akan sibuk dengan perangkat komputer dan lain-lain.

Bahkan untuk mencari inspirasi, seorang desain grafis terkadang perlu bepergian ke suatu tempat yang unik untuk mencari inpirasi. Hal tersebut akan membuat mereka fokus terhadap desain dan tidak mudah berinteraksi dengan orang lain.

Programmer

Seorang introvert yang menyukai komputer dan teknologi dan nyaman bekerja di depan layar monitor selama berjam-jam untuk memecahkan kode-kode sistem perangkat lunak. Seorang programmer harus mengetahui perangkat lunak yang digunakan, cara membuat platform yang aman dan cara menulis kode yang benar untuk perangkat lunak. Selain itu, mereka juga dapat membantu menginstal perangkat lunak baru atau bug kerja dari sistem jika perangkat lunak tidak berfungsi dengan baik. Nah buat sobat HeRo yang introvert cocok jika memilih profesi sebagai proggrammer. 

Itulah beberapa rekomendasi pekerjaan untuk sobat HeRo yang introvert. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Penulis : Nining Yuningsih

Editor : Rosa Vinta Prasinda Putri

Referensi :

Idntimes.com. (2016). 10 Jenis Pekerjaan yang Cocok Banget Buat Orang Introvert. Diakses 18 November 2020.

Linovhr.com. Jenis-Jenis Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert dan Ekstrovert. Diakses 18 November 2020

  • Share this post

Comments

Leave a Comment