7 Perubahan Di Dunia Kerja Yang Mungkin Terjadi Setelah Pandemi

Hallo Sobat HeRo, semoga di masa pandemi dan new normal ini kita selalu dalam keadaan sehat. Di masa pandemi, sebagian besar  dari kita telah menyesuaikan diri dengan perubahan yang disebut sebagai new normal. Namun, sebagian beranggapan bahwa meski pandemi Covid-19 berakhir tetap akan ada beberapa hal yang berubah. Termasuk juga perubahan pada dunia kerja. Kira-kira apa saja itu? Mari simak ulasan di bawah ini. 

Perubahan ruang kerja fisik

Perubahan di dunia kerja yang mungkin terjadi setelah pandemi adalah adanya perubahan ruang kerja fisik. Setelah pandemi kemungkinan besar meja-meja antar karyawan akan diberi jarak lebih jauh. Kemudian peraturan penggunaan ruang-ruang komunal akan di perketat. Selain itu pembatasan pengguna lift juga pasti di atur. Dan juga penyediaan handsanitizer akan diperbanyak disetiap sudut ruangan. 

Fleksibilitas kerja

Perubahan lain pada dunia kerja adalah adanya fleksibilitas kerja. Tidak menutup kemungkinan beberapa perusahaan yang mempertimbangkan apakah mereka membutuhkan kantor fisik atau tidak setelah pandemi berakhir. Sebab banyak perusahaan kecil dan menengah yang sudah mulai terbiasa dengan alur kerja selama work from home. Analisa dari Gartner menyatakan bahwa 74% CFO berniat meningkatkan remote working di perusahaan mereka setelah pandemi. 

Tidak hanya itu pakar melihat bahwa selama kebijakan work from home di tengah pandemi banyak professional dapat menyesuaikan tuntutan kehidupan kerja dan ruah tangga sehingga perusahaan mungkin akan sulit untuk menolak penerapan fleksibilitas waktu. 

TI di garis depan

Saat ini dan mungkin nanti setelah pandemi pergeseran operasional di tempat kerja akan menjadi lebih virtual. Hal ini menjadikan peran departemen TI lebih penting dari pada sebelum pandemi. Perusahaan tentunya akan membutuhkan staf TI yang handal untuk mendukung infrastruktur dan operasional perusahaan. Mungkin juga departemen TI akan dituntut untuk membuat tools baru supaya memudahkan proses kerja karyawan dalam suatu perusahaan. 

Baca juga kuy!

Lebih adil bagi perempuan

Kok bisa? Dengan banyaknya perusahaan yang mempertimbangkan fleksibilitas kerja setelah pandemi work from home, memungkinkan para karyawan perempuan untuk tetap bisa bekerja sambal menyeimbangkan kewajiban di rumah. Hal ini secara tidak langsung menciptakan tempat kerja yang lebih adil bagi karyawan perempuan. 

Hubungan antar karyawan akan menjadi lebih dekat

Perubahan di dunia kerja setelah pandemi yang mungkin terjadi adalah lebih dekatnya hubungan antar karyawan. Sebelum pandemi kita mungkin menganggap sepele arti dari bertemu langsung. Namun, setelah pandemi ini kita menyadari betapa berharganya bertatap muka secara langsung. Dengan demikian setelah pandemi nanti, kemungkinan rasa untuk ingin bertemu dan bertatap muka secara langsung menjadi lebih tinggi. Hal ini tentunya akan lebih mendekatkan hubungan antar karyawan. 

Pengurangan perjalanan bisnis

Perubahan perikutnya adalah pengurangan perjalanan bisnis. Selama masa new normal ini banyak perusahaan telah memanfaatkan platform online seperti zoom, google meet, skype dan sebagainya. Dengan begitu setelah pandemi, kemungkinan pertemuan dengan rekan bisnis yang berbeda kota bahkan negara bisa melalui platform online tersebut. Selain dinilai lebih efisien juga dirasa lebih hemat biaya. 

Transformasi digital akan dipercepat

Pandemi covid-19 membuat bisnis di semua sektor menyadari bahwa kekuatan digitalisasi dan dampaknya terhadap pengalaman karyawan dan hasil bisnis. Karena itu tidak menutup keungkinan transformasi digital di dunia kerja akan diterapkan secara cepat. Banyak proses akan disederhanankan dengan bantuan teknologi dan tidak menutup kemungkinan peran-peran baru akan diciptakan. Itu sebabnya penting bagi pekerja untuk terus mengasah skill dan menjaga relevansi dengan pasar. 

Itulah berbagai kemungkinan perubahan dunia kerja setelah pandemi. Terima kasih sobat HeRo semoga bermanfaat untuk penyesuaian diri di lingkungan kerja yang baru nanti. Jangan lupa pesan Ibu ya 3M! Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun/ handsanitizer, menjaga jarak. 

Penulis : As’ak Arif

Editor : Rosa Vinta

Sumber : https://www.ekrut.com/media/perubahan-di-dunia-kerja

Leave a Comment