Persiapan Dasar Menjadi Presenter yang Handal

Istilah presenter sudah tidak asing lagi ditelinga kan Sobat HeRo, karena pekerjaan ini sudah aja sejak lama. Bahkan meskipun di zaman yang serba modern seperti saat ini jasanya masih saja dibutuhkan. Nyatanya media massa konvensional seperti televisi dan radio yang mulai merambah ke dunia digital membuat profesi ini tidak akan pernah sepi job.

Macam-macam Presenter

Dari namanya, presenter diambil dari kata dalam bahasa inggris yaitu “present” yang berarti mempersembahkan. Dan juga ditambahi imbuhan ”-er” yang menandakan seseorang. Dengan demikian presenter adalah seseorang yang menyajikan sesuatu informasi seperti acara berita, olahraga, anak-anak dan sebagainya. Selain bisa membawakan berbagai macam acara. Presenter juga memiliki berbagai macam jenis seperti berikut:

1. News Reader and Caster

Kedua pekerjaan tersebut sangat berbeda. Jika News Reader adalah presenter yang bertugas untuk membacakan lead in dari suatu berita. Sedangkan news caster dapat dikatakan sebagai seorang jurnalis yang mencari dan juga sekaligus melaporkan pemberitaan.

Baca Juga : Tips-tips Dasar Menjadi Seorang VO

2. Coach

Bisa dikatakan salah satu pecahan dari presenter ini adalah seorang pelatih atau traning. Coach juga harus memiliki kemampuan dalam memberikan informasi dengan baik. Sejatinya seorang Coach dituntut untuk dapat berinteraksi dengan audiens karena diharapkan dapat menyalurkan energi yang mereka punya kepada audiensnya.

3. The Inventor

Presenter jenis ini adalah seseorang yang menyajikan suatu materi sesuai dengan bidangnya. Sehingga seorang inventors hanya menampilkan poin-poin penting dalam sebuah materi agar tidak gugup saat melakukan presentasi

4. The Storyteller

Ini adalah presenter yang lebih tidak kaku disbanding yang lainnya. Teknik penyampaian materi atau informasi yang dilakukan oleh storyteller lebih seperti orang-orang yang sedang bercerita. Sehingga pesan yang disampaikanpun luwes karena menceritakan menggunakan ritme. Sehingga hal tersebut dapat menghibur audience.

5. The Teacher

Jenis ini dalam bahasa indonesianya dalah seorang guru. Ternyata seorang pengajar seperti guru saat kita menempuh Pendidikan juga termasuk dalam presenter lho. Hal tersebut dikarenakan seorang guru menyajikan materi  atau keilmuwan yang mereka miliki kepada audiens yang dalam hal ini adalah murid-muridnya.

Namun jenis pembawa acara ini adalah jenis yang tidak terlalu aktif dalam berkomunikasi dengan audiens. The teacher hanya berfokus kepada penyampaian materinya.

Baca Juga : Pekerjaan Bergengsi Anak Ilmu Komunikasi

Baca Juga : Kenali Keistimewaan Menjadi Jurnalis

Teknik-teknik yang Harus Dimiliki

Jenis-jenis presenter tersebut membuka mata kita bahwa ternyata pekerjaannya tidak selalu terpaku dengan pekerjaan penyiar berita. Tetapi dibalik itu semua, seorang ia harus mengetahui teknik-tekniknya agar mencapai tujuan yang diinginkan berdasarkan jenis-jenisnya. Berikut adalah beberapa poin yang harus dipunyai oleh presenter:

1. Memilik pengetahuan yang luas

Seorang pembawa acara jenis apapun akan menemui berbagai macam audiens. Sederhananya presenter adalah “panutan”. Dengan julukan seperti itu maka ia harus memiliki wawasan yang luas. Bayangkan saja jika seorang audiens ternyata berwawasan lebih luas dibanding pembawa acaranya. Hal tersebut membuat presenter akan merasa gagal menjadi seorang panutan

2. Kenali lawan bicara dengan baik

Lawan bicara disini dapat meliputi audiens dan seorang narasumber. Meskipun kebanyakan dari audiens dianggap pasif namun seorang pembawa acara harus mengenali “siapa” audiens kalian. Hal tersebut bertujuan untuk  menyesuaikan bagaimana cara menyampaikan informasi agar dapat dengan mudah diterima oleh audiens.

Selain audiens, narasumber juga perlu kita kenali. Seorang narasumber adalah raja pada suatu diskusi. Hal tersebut karena seorang pembawa acara berusaha untuk menggali informasi dari narasumber sehingga kita harus mengetahui apa yang tidak disukai olehnya yang dapat menyebabkan perasaan tersinggung. Hal itu akan berakibat fatal pada penggalian informasi.

2. Berpenampilan menarik

Sejatinya seorang presenter adalah seseorang yang dipercayai untuk membawakan suatu acara. Caranya dalam membawakan acara adalah langkah awal yang dilihat oleh audiens. Hal tersebut dilihat dari bagaimana bahasa tubuhnya dan juga bagaimana penampilannya.

Jika kedua aspek tersebut tidak dijalankan secara maksimal maka presenter tidak dapat menarik perhatian audiens dan dianggap gagal.

3. Mengikuti kelas atau pelatihan

Manfatkan peluang dengan mengikuti pelatihan maupun kelas public speaking karena public speaking dan seorang presenter ada kaitan erat. Di dalam public speaking, kita akan diajarkan bagaimana sikap atau bahasa tubuh yang baik. Selain itu kita juga diajarkan bagaimana mengolah vokal dengan baik.

Seorang presenter yang memiliki suara yang “professional” akan mudah diingat orang dan dapat memikat audience. Apalagi di zaman serba modern ini kelas atau pelatihan-pelatihan tersebut kita dapatkan dengan mudah dari sosial media atau bahkan tidak membayar sepeserpun.

Baca Juga : Yuk, Kenalan dengan Dunia Broadcasting ! Mulai dari Studi Hingga Peluang Kariernya

Gimana sob? Apakah kalian semakin tertarik menjadi seorang presenter? Apalagi kemampuan presenting tidak hanya berguna bagi kalian yang ingin menjadi seorang penyiar tapi bagi kalian yang ingin menjadi pembicara maupun seorang guru. Dengan artikel ini diharapkan kalian yang ingin menjadi presenter agar bisa mempersiapkan diri jauh-jauh hari.

Penulis : Ella Dyan Septianing Tyas

Editor : Rais Maulana Ihsan

Referensi :

Andita Pratiwi. 7 Mei 2018. “Modal Wajib Seorang Presenter TV

Anditya Y.Angwarmase. 15 July 2015. “6 Tipe Presenter. Kamu Yang Mana?

Sumber Gambar: beritaku.id

  • Share this post

Comments

Leave a Comment