Perekrutan Karyawan dengan Teknologi Otomasi

Kemajuan Teknologi dan Informasi memberikan dampak yang sangat signifikan pada semua aspek kehidupan, termasuk pada dunia Human Resources. Banyak muncul inovasi-inovasi yang memudahkan kehidupan, salah satunya adalah otomasi.

Otomasi sendiri merupakan suatu proses perubahan kehidupan dari manual menjadi serba otomatis. Otomasi ini sangat banyak dikaitkan dengan teknologi yang sangat canggih dan menimbulkan pro kontra tersendiri.

Fungsi Otomasi di Dunia Human Resources

Di dunia Human Resources sendiri, otomasi telah muncul dan berkembang. Salah fungsi Human Resources yang terkena dampak otomasi adalah fungsi perekrutan karyawan. Bagaimana perkembangan otomasi pada fungsi perekrutan di dunia Human Resources? Ayo kita bahas bersama.

Proses Menarik Minat Kandidat

C:\Users\Asus\Desktop\RuangHr\Minggu 3\minat.jpg
Sumber Gambar : HR & PayrollBozz, 2018

Penarikan minat dari kandidat merupakan proses awal dalam fungsi perekrutan karyawan. Penarikan minat kandidat karyawan salah satunya dapat dilakukan melalui iklan. Seperti yang kita ketahui, jika kita ingin menemukan pekerjaan biasanya kita akan mencari melalui iklan.

Iklan tersebut bisa ditemukan melalui media cetak seperti koran ataupun melalui iklan elektronik seperti media sosial, televisi, radio dan lain-lain. Iklan sebagai salah satu penarik minat kandidat karyawan saat ini telah mengalami kemajuan, khususnya dalam hal otomasi.

Sadarkah kita, jika terkadang iklan-iklan yang muncul dalam media sosial sudah disesuaikan dengan profil dan minat kita melalui teknologi AI. Iklan-iklan tersebut biasanya muncul begitu saja tanpa kita cari.

Terkadang mungkin kita akan heran, komputer bisa tahu apa yang kita inginkan atau yang kita minati. Akan tetapi, begitulah adanya teknologi telah berkembang dengan pesat. Contoh lainnya adalah pada aplikasi LinkedIn. Aplikasi ini memang dirancang untuk mencari pekerjaan dan karir. Aplikasi ini biasanya otomatis akan merekomendasikan sesuatu yang memang cocok dengan profil kita. 

Baca Juga:

Penyaringan Pelamar

C:\Users\Asus\Desktop\RuangHr\Minggu 3\pelamar.jpg
Sumber Gambar : Suryana, 2020

Proses selanjutnya dalam perekrutan keryawan adalah seleksi atau penyaringan pelamar. Proses ini akan mudah jika pelamar hanya berjumlah sedikit. Akan tetapi, bayangkan jika pelamar berjumlah ratusan atau bahkan ribuan.

Proses manual tentunya merupakan pilihan yang kurang tepat karena menyita banyak waktu dan tenaga. Dengan otomasi, proses penyaringan dapat dilakukan dengan lebih mudah, efisien dan efektif. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan meminta para pelamar untuk melakukan pengisian formulir melalui laman online.

Sistem bot pada formulir online akan menilai jawaban pelamar dan dapat diatur otomatis untuk menyeleksi. HRD dapat mengatur bot untuk memberikan sejumlah data terbaik untuk dilakukan proses selanjutnya. Para pelamar sekarang tidak perlu datang langsung ke kantor, cukup dengan mengisi formulir dan mengirimkan berkas secara online. Proses ini tentunya mempersingkat waktu penyeleksian dan tidak membuang-buang tenaga.  

Wawancara

C:\Users\Asus\Desktop\RuangHr\Minggu 3\wawan.jpg
Sumber Gambar : Prawiro, 2018

Proses akhir yang biasanya ada dalam perekrutan karyawan adalah wawancara. Proses ini merupakan proses yang sulit untuk diterapkan dengan teknologi otomasi karena bersifat sangat kompleks. Akan tetapi, dengan teknologi ada beberapa hal yang dapat tetap dikembangkan pada proses wawancara dengan tetap tidak mengurangi nilai dari wawancara tersebut. Pengembangan tersebut salah satunya adalah dengan wawancara online dan menambahkan fitur bot penanya otomatis untuk pertanyaan umum.

Itulah beberapa perkembangan teknologi yang menyebabkan adanya proses otomasi pada perekrutan karyawan. Telebih dari sisi positif yang didapatkan, proses otomasi tidak boleh menghancurkan sisi kemanusiaan. Sepintar apapun teknologi yang telah diciptakan, pencipta teknologi tersebut tetaplah manusia dengan akal karunia Tuhan. 

Penulis: Taofik Hidayat

Editor: Miatu Khabbah

  • Share this post

Leave a Comment