Peran Penting Public Relation dalam Memajukan Perusahaan

Public relation atau Hubungan Masyarakat (Humas) memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Terutama pada era digital ini yang seluruhnya harus serba terhubung kepada siapapun dan kapanpun.

Koneksi yang luas akan membuat sebuah perusahaan lebih mudah mengalokasikan dan menyebarkan produknya. Selain produktivitas yang meningkat, hal itu pun bisa melambungkan nama sebuah perusahaan menjadi lebih baik dan dikenal publik.

Jika sudah dikenal oleh masyarakat luas, maka reputasi perusahaan itu akan sangat berpengaruh dalam kepecayaan yang dibentuk. Maka sudah seharusnya dibutuhkan seseorang yang mampu membangun dan menjaga citra itu agar selalu dipercaya oleh masyarakat.

Peran itu tepat disandangkan pada seorang public relation dengan tugas utamanya membangun citra atau reputasi perusahaan yang positif. Keberadaannya tidak hanya sebatas menghubungkan perusahaan dengan pihak luar, namun juga membina komunikasi yang baik dalam perusahaan itu sendiri.

Peran Humas di Perusahaan

Nah Sobat HeRo, selain hal-hal yang disebutkan di atas, lantas bagaimana dan apa sajakah peran Humas di sebuah perusahaan? Simak penjelasannya berikut ini.

Membangun Hubungan dengan Eksternal Perusahaan

Seorang public relation harus mampu menjadi cerminan perusahaan ketika berhubungan dengan pihak luar. Perilaku positif terhadap perusahaan lain merupakan tanggung jawab darinya untuk memberikan kesan positif pula.

Hal itu dilakukan sebagai upaya membangun hubungan baik dengan pihak luar atau eksternal, misalnya investor, costumer/klien, dan perusahaan lain. Dengan terjalin hubungan baik, maka setiap proyek yang dikerjakan akan lebih mudah dan membuka jalan perusahaan untuk meningkatkan citra positif tentunya.

Manfaat lainnya dari hubungan baik ini yaitu teknik marketing yang bisa mendatangkan customers lebih banyak lagi, dan tentunya akan meningkatkan produktivitas perusahaan. Jika dibarengi dengan kualitas yang baik maka bukan hal yang mustahil jika perusahaan akan dipercaya dan dianggap penting eksistensinya.

Baca Juga

Membangun Hubungan Internal Perusahaan

Selain membangun hubungan eksternal atau ke luar, seorang public relation juga berperan sebagai pembina hubungan di internal perusahaan. Hal ini penting sebagai upaya menjaga hubungan baik antar karyawan dan juga kepada pihak luar.

Di dalam perusahaan, mereka dituntut untuk melakukan identifikasi terkait banyak hal yang dirasa memberikan dampak negatif dalam komunikasi antarkaryawan. Maka dari itu sebuah kebijakan yang dikeluarkan akan memperhatikan terlebih dahulu identifikasi tersebut sebelum dijalanakan dan disampaikan.

Dengan demikian keberadaan mereka akan sangat penting agar tidak ada miss communication diantara para karyawan. Selain itu apa yang disampaikan atasan kepada bawahan pun akan mengalir jika ada humas didalamnya.

Fasilitator Komunikasi Perusahaan

Seorang public relation memiliki peran sebagai penghubung atau mediator yang membantu pihak manajemen mendengar apa yang diiginkan publik. Maka dari itu kemampuan pemahaman yang baik sangat dibutuhkan, karena nantinya ia harus menjelaskan kembali keinginan dan harapan publiknya.

Tentu saja setiap keluhan yang disampaikan oleh publik sangat berarti untuk kemajuan perusahaan. Karena perusahaan hanyalah sebagai penyedia kebutuhan saja, bukan berarti apa yang dilakukan harus sesuai dengan keinginan pereusahaan.

Dari komunikasi yang terjalin dua arah tersebut tentunya akan menunjukkan sikap keterbukaan perusahaan terhadap publik. Dengan begitu akan timbul sikap saling pengertian, saling mempercayai, serta menghargai antara kedua belah pihak.

Fasilitator Pemecahanan Masalah

Kemampuan pemecahan masalah seorang public relation sangat dibutuhkan perusahaan, mengingat kecakapan komunikasi yang baik didalam dirinya. Dalam hal ini, ia bisa didaulat sebagai konsultan atau penasehat perusahaan dalam mengatasi berbagai permasalahan.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jika ia merupakan penampung aspirasi bagi pihak luar maupun dalam perusahaan. Dilihat dari sana, ialah yang seharusnya mengerti apa saja yang dibutuhkan dan apa yang harus dilakukan sebagai upaya pemecahan masalah.

Selain itu, jika ada konflik yang melibatkan dua pihak baik itu eksternal maupun internal. Nantinya public relation yang menjadi penengah dengan memberikan fasilitas berupa dialog maupun diskusi dengan pihak yang terkait.

Begitulah Sobat HeRo alasan pentingya seorang public relation atau Humas dalam perusahaan. Keberadaannya diperlukan sebagai penghubung antara pihak perusahaan dengan eksternal, begitupun hubungannya dengan internalnya sendiri.

Selain itu, upaya membangun citra yang baik diantara masyarakat, membuat profesi yang satu ini sebuah hal yang vital karena berpengaruh terhadap eksistensi dan produktivitas perusahaan. Dengan salah satu tugasnya menyebarkan informasi dari luar maupun dalam perusahaan memungkinkan kecilnya miss komunikasi didalamnya dan juga tidak tertinggal informasi.

Lalu, dengan adanya “spesialis komunikasi” tersebut dapat memudahkan setiap orang didalamnya berkonsultasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan komunikasi tentunya. Sangat berarti memang dengan adanya public relation di sebuah perusahaan

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan Kamu mendapatkan hal positif didalamnya. Jika Kamu ingin berkomentar silahkan untuk menulisnya di kolom yang sudah disediakan.

Penulis : Rais Maulana Ihsan

Editor : Elyoenai Rudang

Referensi :

Fadhillah, Karni. 2020. Pentingnya Memaksimalkan Public Relation dalam Perusahaan. Diakses pada 2 Februari 2021

PakarKomunikasi. 10 Peran Public Relation dalam Perusahaan. Diakses pada 2 Februari 2021

Sumber Gambar : image100pr.com

Comments

Leave a Comment