Pentingnya Onboarding Karyawan Baru yang Efektif dan Berkualitas

Halo, Sobat HeRo! Sebelum memulai pekerjaan di hari pertama, biasanya para karyawan baru akan diundang untuk acara onboarding perusahaan, ya.

Apa sih yang kalian tahu tentang onboarding? Onboarding karyawan baru merupakan kegiatan mengenal lebih jauh tentang perusahaan, kemudian mulai beradaptasi dengan lingkungan kerja, atasan, rekan kerja, dan tugas-tugasnya. Jadi, onboarding  itu penting banget buat kalian karyawan baru.

Alasan Onboarding Karyawan Baru Itu Penting

Kegiatan onboarding karyawan baru dapat meningkatkan branding bagi perusahaan baik secara internal maupun eksternal lho,  Sobat HeRo. Proses onboarding karyawan dimanfaatkan untuk menciptakan perusahaan sebagai tempat yang menyenangkan. 

Ketika para karyawan baru merasa nyaman dengan perusahaan, saat itu pula citra dari perusahaan akan meningkat. Rasa nyaman yang dirasakan oleh para karyawan ini bukan tidak mungkin akan mereka ceritakan kepada orang lain.

Tak hanya itu, onbording karyawan, akan menyebabkan produktivitas kerja meningkat. Karyawan baru akan merasa diterima dengan baik dan termotivasi untuk bekerja secara maksimal. Jika begitu maka, Onboarding yang baik akan memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Proses onboarding perusahaan yang baik memiliki dampak jangka panjang yang baik pula. Karyawan yang mengikuti proses onboarding yang baik lebih mungkin untuk bertahan di perusahan dengan jangka waktu yang lama.

BACA JUGA https://www.ruanghr.co.id/pahami-sindrom-cinderella-complex-gangguan-psikologis-yang-terkadang-dialami-sebagian-kecil-karyawan/

Langkah Menciptakan Onboarding Karyawan Baru yang Efektif dan Berkualitas

1.      Membuat kontrak kerja bagi karyawan baru.

2.      Mempersiapkan tugas-tugas untuk karyawa baru selama masa percobaan.

3.      Mendaftarkan karyawan baru pada alat finger print scanner untuk keperluan data kehadiran.

4.      Mengantarkan karyawan baru menuju meja kerjanya san memperkenalkannya pada rekan di departemennya.

5.      Memberikan pengarahan terkait peraturan perusahaan, struktur organisasi, fasilitas, dan uraian kerja.

6.      HRD perusahaan melakukan entri data karyawan baru, termasuk menginput nomor rekening.

Baca juga: Ini Dia Peran Human Resource di Perusahaan

Langkah Strategis dalam Melakukan Proses Onboarding Karyawan

1.      Menyiapkan waktu tertentu untuk melaksanakan onboarding bagi karyawan. Biasanya setiap perusahaan memiliki ketentuan berbeda-beda, bisa 3 hari atau bisa juga selama 1 minggu.

2.      Memperkenalkan visi dan misi perusahaan kepada karyawan baru.

3.      Memperkenalkan karyawaan baru ke setiap divisi. Hal ini sangat bermanfaat bagi karyawan baru untuk lebih cepat mengenal dan beradaptasi sehingga proses kerja sama akan cepat terjalin.

4.      Dalam melakukan proses onboarding, perusahaan dapat memberikan waktu untuk ice breaking yang dikelola secara menarik.

5.      Hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengetahui seperti apa ekspektasi karyawan terhadap perusahaan. Hal ini akan membuat karyawan baru lebih dihargai.

Nah, Sobat HeRo, pada dasarnya proses onboarding berguna untuk membantu karyawan baru agar lebih mengenal perusahaan tempat ia bekerja, ya. Namun, selain hal ini penting bagi karyawan, perusahaan juga mendapatkan keuntungan. Asalkan proses onboarding yang dilakukan efektif dan berkualitas.

Penulis:

Finda Rhosyana 

Editor:

Thalitha Avifah Yuristiana

Referensi

Rishna Maulina. 2019. Proses Onboarding Karyawan Baru yang Efektif dan Berkualitas. Diakses pada 1 Oktober 2020 dari situs web sleekr.co.

  • Share this post

Leave a Comment