Pentingnya HR dalam Membangun Teamwork Beserta 8 Tipsnya

Halo sobat HeRo! Dalam menjalankan suatu perusahaan diperlukan kerja sama dalam tim atau disebut dengan teamwork.  Kerja sama yang dilakukan oleh HR dan anggota tim lainnya akan menghasilkan perusahaan yang memiliki peluang untuk maju. Lalu bagaimana cara membangun kerja samanya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Memiliki Tujuan dan Misi yang Jelas

Dilansir dari linovHR.com. Perusahaan berjalan dengan baik apabila memiliki tujuan dan misi yang jelas, dengan adanya misi dan tujuan yang jelas maka setiap anggota tim memiliki gambaran goals yang ingin dicapai. Untuk mendapatkan tujuan yang jelas peran HR dan pihak perusahaan sangat penting untuk mendorong anggota tim agar perusahaan menjadi lebih kompak dan maju.

Lingkungan Kerja yang Kondusif

Setiap anggota tim diberikan kebebasan untuk mengambil resiko. Selain itu, setiap anggota tim dan HR berhak menaruh kepercayaan satu sama lain. Kebebasan berpendapat juga harus diungkapkan. Sehingga setiap anggota merasa aman jika memiliki pendapat yang berbeda. Dari banyaknya pendapat maka akan dihasilkan banyak solusi alternatif dari setiap memecahkan masalah. 

Gaya Komunikasi yang Terbuka

Komunikasi yang baik harus terbuka, jujur dan saling menghargai satu sama lain. Setiap anggota tim merasa perlu untuk didengarkan dan dimengerti. Mereka berhak diberikan kesempatan untuk mengungkapkan pendapat melalui diskusi. Mereka juga berhak mendengarkan dan menghargai pendapat anggota lain. 

Diskusi antara HR dan anggota tim dirasa cukup penting untuk mengatasi hambatan yang ada di dalam diri masing-masing. Dengan adanya diskusi dapat bertukar pikiran dan pendapat sehingga akan menjalin kerjasama yang kuat.

Rasa Memiliki yang Tinggi

Untuk menghasilkan sebuah teamwork yang solid dibutuhkan komitmen dan rasa memiliki yang tinggi terhadap keputusan dan langkah yang diambil dari tim. Dengan membangun hubungan yang baik antara HR dan anggota tim maka akan memiliki ikatan batin yang kuat. 

BACA JUGA

Mendorong Kreativitas dan Inovasi

Kreativitas dan inovasi akan membangun pemikiran yang produktif sehingga perusahaan berjalan dengan baik. Untuk itu, seorang HR dan anggota tim harus mampu memiliki daya kreativitas dan inovasi yang tinggi. Jangan meremehkan ide seseorang dengan ucapan yang hanya akan mematikan daya kreatif dan imajinasi. Setiap individu memiliki sudut pandang berbeda yang akan di kolaborasikan dengan yang lain. Semakin banyak ide yang tersedia maka perusahaan akan memiliki potensi untuk maju dan berkembang. 

Mampu Mengatasi Konflik 

HR dan anggota tim memiliki sebuah kesepakatan untuk menganalisa, mendiagnosa dan mencari solusi konflik yang muncul. Sebab gesekan dan friksi akan selalu ada. Dalam hal ini HR dan anggota tim harus mampu mencegah dan mengatasi konflik pribadi antar anggota. Setiap anggota tim harus mampu memisahkan preferensi pribadi dengan pekerjaan. Atasan dan supervisor harus mampu menjadi penengah dan mengarahkan tim jika dirasa sudah keluar dari jalur. 

Menjalankan Pola Kepemimpinan Partisipatif

HR harus mendorong para anggota tim untuk berpartisipasi secara aktif. Dengan mendelegasikan tugas, mencatat semua keputusan tim dan mendistribusikannya kepada seluruh anggota tim. HR juga didorong untuk memimpin tim dan menghargai setiap kontribusi yang diberikan oleh anggota. 

Membuat Keputusan Besar Bersama-Sama

Setiap keputusan penting diputuskan bersama-sama oleh HR dan seluruh anggota tim. Kemudian keputusan tersebut didukung dan dijalankan dengan penuh komitmen bersama-sama. Selain itu mereka juga mendapatkan dukungan dari atasan atau dari supervisor saat menjalankan keputusan yang sudah diambil. Karena mereka memiliki dasar keputusan yang kuat dan merasa aman karena lingkungan kerja yang mendukung secara penuh. 

Itulah beberapa tips untuk membangun kerja sama dalam tim. Peran HR dalam membangun teamwork di suatu perusahaan sangat penting, dengan adanya kerja sama yang kuat maka perusahaan akan memiliki peluang untuk maju dan berkembang. Semoga artikel ini bermanfaat ya Sobat HeRo!.

Penulis : Nining Yuningsih

Editor : Thalitha Avifah Yuristiana

Referensi : 

linovhr.com. (2020) 10 Tips Membangun Teamwork yang Makin Solid. Diakses 27 Oktober 2020, dari https://www.linovhr.com/tips-membangun-teamwork/

  • Share this post

Leave a Comment