Dampak Positif Manajemen Konflik Bagi Perusahaan dan Karyawan

Konflik dalam perusaahan merupakan hal yang biasa terjadi. Namun sebuah konflik memiliki potensi menjadi positif ataupun negatif, tergantung bagaimana cara kita mengelolanya.

Pada dasarnya, konflik bisa diorganisir agar menghasilkan sesuatu yang positif dengan menggunakan manajemen konflik yang baik. Manajemen konflik sendiri ialah sebuah proses untuk mengorganisir dan mengendalikan perselisihan yang terjadi antara beberapa pihak.

Proses ini biasanya berlangsung dalam bentuk diskusi atau komunikasi dua arah antara beberapa pihak dan juga mediator. Dampak positif dari manajemen konflik cukup banyak loh sobat HeRo, baik bagi perusaahan maupun karyawan. Apa sajakah itu?

1. Tingkat Keaktifan Karyawan Meningkat

Dengan adanya konflik, para karyawan tidak hanya dihadapkan dengan tantangan baru, tetapi juga tuntutan untuk menyelesaikannya. Proses inilah yang akan membawa perubahan dalam diri mereka. Dengan adanya konflik mereka dituntut untuk memberikan ide-ide baru terkait masalah yang ada. Maka para karyawan akan saling bertukar pendapat untuk menemukan solusi terbaik.

Tidak jarang, pihak perusahaan akan melihat karyawan yang biasanya lebih memilih untuk diam dan pasif, bisa menjadi aktif dalam mengemukakan gagasan dan pemikirannya. Sehingga mereka juga ikut berkembang menjadi pribadi yang lebih percaya diri.

2. Mengupgrade Kemampuan Karyawan

Seperti yang dikemukakan bahwa adanya konflik di perusahaan dapat menstimulasi perkembangan kemampuan dari para karyawan. Secara tidak langsung kemampuan soft-skill mereka akan semakin terasah. Hal ini disebabkan karena meningkatnya keaktifan dari masing-masing individu.

Selain itu mereka akan distimulasi untuk bisa berpikir kritis dan kreatif. Dalam menyelesaikan masalah, para karyawan akan menganalisis secara mendalam mengenai masalah tersebut. Nah dalam proses analisis tersebut, para karyawan baik sadar maupun tidak, telah ikut andil dalam berfikir.

Dampak positif lain yang bisa dirasakan oleh karyawan adalah meningkatnya semangat kerja. Dengan ikut berpartisipasi dalam menghadapi konflik, para karyawan akan merasa bahwa mereka berperan penting dalam kemajuan perusahaan yang ditempati. Secara psikologis, mereka juga merasakan sense of fulfillment karena berhasil berpartisipasi untuk kebaikan bersama. 

BACA JUGA: Ingin Berkarir? Ini Beberapa Profesi yang Menjanjikan Saat Ini!

3. Skill Manajemen Konflik yang Makin Topcer

Nah jika sobat HeRo sudah mahir dalam mengorganisir masalah, maka kualitas diri juga akan semakin meningkat. Jika diberi kesempatan, kalian bisa mengajukan diri untuk promosi jabatan. Posisi yang lebih tinggi membutuhkan seseorang yang lebih berpengalaman pula, karena nantinya akan dihadapkan dengan masalah-masalah baru.

4. Sebagai Evaluasi Tentang Kondisi Perusahaan

Ternyata manajemen konflik bisa menentukan kondisi perusahaan yang kalian tempati loh sobat HeRo. Jumlah frekuensi terjadinya konflik dapat mencerminkan kondisi perusahaan tersebut. Konflik biasa terjadi karena adanya ketidaksesuaian dalam sistem perusahaan.

Manajemen konflik disini berperan sebagai perantara untuk membantu menyelesaikan konflik-konflik baru yang tidak terduga, dengan harapan kondisi perusahaan akan semakin membaik.

Nah sobat HeRo, bisa disimpulkan bahwa konflik tidak harus berarti masalah. Karena mereka terbukti memiliki dampak positif untuk pengembangan karir kalian dan juga perusahaan. Sekarang waktunya mencari masalah baru untuk diselesaikan dengan baik. Semangat!

Penulis            : Aliza Prasasty Mawaddah

Editor             : Thalitha Avifah Yuristiana

Sumber:

Ayuna. (2019). sleekr.co – Manfaat Manajemen Konflik Bagi Perusahaan. 24 Juni. Diakses 10 29, 2020. https://sleekr.co/blog/manfaat-manajemen-konflik-bagi-perusahaan/.

Okezone. (2017). news.okezone.com – Tak Selalu Buruk, Ini 7 Dampak Positif Konflik dalam Organisasi Menurut ACT Consulting. 10 Agustus. Diakses Oktober 29, 2020. https://news.okezone.com/read/2017/08/09/1/1752750/tak-selalu-buruk-ini-7-dampak-positif-konflik-dalam-organisasi-menurut-act-consulting.

  • Share this post

Leave a Comment