Ketahui Keuntungan HR Scorecard: Indikator Kinerja SDM dengan Tujuan Perusahaan

Untuk mencapai tujuan perusahaan, tentu dibutuhkan berbagai aspek yang mendukung salah satunya yakni kinerja SDM yang berkualitas. Guna mengukur kinerja di bidang SDM, biasanya perusahaan menerapkan sistem HR scorecard. HR scorecard merupakan sebuah cara untuk menyelaraskan tujuan perusahaan melalui indikator yang telah ditentukan, untuk mengukur dan menampilkan kinerja bidang SDM secara komprehensif. Dengan diterapkannya HR scorecard diharapkan bisa menunjukkan kontribusi dan perkembangan SDM terhadap pencapaian tujuan perusahaan.

Menurut Becker, Huselid, and Ulrich (2001), sistem pengukuran SDM atau HR scorecard secara efektif memiliki dua tujuan penting, antara lain: memberikan petunjuk bagi pembuatan keputusan dalam organisasi dan berfungsi sebagai dasar untuk mengevaluasi kinerja SDM. Pengukuran HR scorecard terdiri dari empat elemen, yakni finansial, customer, operation dan strategic.

Bagi Sobat HeRo yang berkecimpung di dunia HR, perlu banget nih mengetahui prinsip dasar sebelum mengimplementasikan HR scorecard. Simak ulasannya di bawah ini, ya!

Prinsip dasar dalam mengimplementasikan HR scorecard

Perlu diketahui jika HR scorecard merupakan bagian dari strategi perusahaan. Oleh sebab itu, dalam penerapan HR scorecard harus terdapat hubungan sebab-akibat. Hal ini dikarenakan dalam HR scorecard menerapkan prinsip “Apa yang diukur itulah yang dikelola” lalu setelahnya baru bisa diimplementasikan dan dievaluasi.

Langkah pengimplementasian HR scorecard

Menurut Becker, Huselid, and Ulrich (2001), terdapat tujuh langkah dalam penerapan HR scorecard, antara lain:

  • Mendefinisikan bisnis strategi baru kemudian strategi yang akan diterapkan dalam human resource
  • Membangun case human resources sebagai strategy asset termasuk value change
  • Mengidentifikasi indikator sebab-akibat di dalam organisasi, termasuk di bidang SDM
  • Membuat human resources strategy map
  • Menghubungkan sebab-akibat dari berbagai sisi
  • Melakukan pengukuran
  • Pengimplementasian HR scorecard

Aspek yang dapat dikembangkan dan diukur dengan HR scorecard

  • Biaya SDM, yang mencakup kepatuhan terhadap anggaran, biaya perekrutan staf dan biaya kesehatan kelompok. Pengukuran biaya SDM melalui HR scorecard memudahkan dalam merencanakan sasaran dan pengeluaran SDM serta mengendalikan biaya dan menentukan anggaran yang realistis.
  • Rekrutmen. HR scorecard bisa melacak indikator perekrutan. Informasi yang didapat bisa digunakan untuk melihat kualitas SDM dalam memenuhi tujuan perusahaan.
  • Turnover, merupakan suatu kondisi di mana perusahaan mengalami fluktuasi karyawan. Dengan menggunakan HR scorecard, perusahaan bisa mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kinerja karyawan.
  • Penyelarasan dengan tujuan perusahaan. HR scorecard mengukur berbagai elemen yang menjadi misi, tujuan, serta strategi perusahaan. Dalam hal ini pengukuran HR scorecard meliputi financial, customer, operation dan strategic.

Keuntungan mengimplementasikan HR scorecard

Banyak keuntungan yang diperoleh sebuah perusahaan ketika mengimplementasikan HR scorecard. Perusahaan dapat menggambarkan peran dan kontribusi HR scorecard melalui pencapaian tujuan perusahaan secara jelas dan terukur. Di samping itu, dengan menggunakan HR scorecard, dapat mempermudah HR dalam mengendalikan biaya yang dikeluarkan untuk kebutuhan perusahaan. Menggunakan HR scorecard juga memudahkan perusahaan untuk mendapatkan gambaran sebab-akibat dari permasalahan yang dihadapi. HR scorecard juga membantu dalam mengelola tanggung jawab strategis HR, dan yang terpenting HR scorecard bersifat fleksibel.

Setiap perusahaan tentu menginginkan strategi yang tepat guna mencapai tujuan. Dengan memerhatikan beberapa aspek penunjang, mampu memaksimalkan dalam pencapaian tujuan tersebut. Gimana, Sobat HeRo? Sudah tahu ‘kan apa itu HR scorecard beserta keuntungan yang didapatkan? Semoga bermanfaat!

Penulis: Atima Ni’matul Maghfiroh

Editor: Finda Rhosyana

Sumber:

Anonim. 2016. “HR Scorecard: apa dan Bagaimana Implementasinya?” Diakses pada 26 September 2020 melalui http://manajemen-sdm.com/hr-scorecard/hr-scorecard-apa-dan-bagaimana-implementasinya/.

Rosyta, Sri. “HR Scorecard” Diakses pada 26 September 2020 melalui http://sryrosita.staff.unja.ac.id/wp-content/uploads/sites/126/2019/02/11.-HR-Scorecard.pptx.

  • Share this post

Leave a Comment