Kenali Perbedaan antara Marketing dan Sales

Profesi marketing dan sales sering kali dianggap sama saja oleh masyarakat bahkan perusahaan. Walapun keduanya sama-sama bertugas untuk memasarkan produk atau jasa. Namun terdapat perbedaan antara tugas dan fungsinya. Lalu apa saja perbedaan marketing dan sales? Langsung simak ulasan berikut ini ya Sobat HeRo!

Marketing

Apa itu marketing dan apa saja tugasnya?

Dilansir dari qwords.com. Marketing adalah proses di mana produk ataupun jasa dikenalkan kepada masyarakat. Tujuannya agar masyarakat mengetahui bahwa ada produk yang mereka butuhkan. Marketing juga bisa diartikan sebagai proses pemasaran barang atau jasa.

Departemen marketing memiliki peran yang sangat penting dalam perusahaan. Tugas marketing yaitu mengedukasi masyarakat agar tertarik pada produk atau jasa yang dijual oleh perusahaannya. Proses pemasaran ini berkaitan erat dengan aktivitas riset pasar, analisis konsumen, dan juga pencarian calon konsumen potensial yang cocok dengan produk yang akan dipasarkan. Selain itu, tugas marketing yaitu menyusun strategi penjualan dan meningkatkan jumlah penjualan perusahaan. Hal inilah yang membuat perusahaan mencetak keuntungan dan roda produksi berjalan.

Sales

Apa itu sales dan apa saja tugasnya?

Sales adalah seorang individu yang bertugas untuk menawarkan barang atau jasa kepada calon konsumen, berhadapan langsung dengan para calon konsumen. Biasanya datang langsung ke rumah atau lokasi calon konsumen dengan menawarkan produk yang mereka jual. Tapi saat ini ada juga sales online yang bisa menghubungi calon konsumen via email, telefon, ataupun media sosial.

Sales memiliki tugas yang sangat penting dalam perusahaan. Tugas seorang sales yaitu menawarkan produk pada calon konsumen potensial, memenuhi kebutuhan pelanggan dengan memperkenalkan produk mereka, mampu meyakinkan calon konsumen yang masih ragu-ragu untuk membeli produknya, mampu mengarahkan sasaran kemana dan kepada siapa produk tersebut akan ditawarkan.

BACA JUGA: 7 Tips Menjadi Guru Privat yang Profesional

Perbedaan Marketing dan Sales

  • Ruang Lingkup Jobdesk

Jobdesk sales cenderung bersifat sementara. Sales punya jobdesk utama untuk meyakinkan konsumen agar mau membeli produk yang ditawarkannya. Tugas mereka selesai jika sudah bisa menjual produk sesuai kuantitas yang ditentukan oleh perusahaan. Mereka bisa menggunakan berbagai strategi agar kuantitas tersebut terpenuhi.

Sedangkan marketing punya jobdesk yang bersifat panjang. Tim marketing punya planning jangka panjang mulai dari riset pasar sampai kepuasan pelanggan. Tugas mereka adalah memastikan produk diterima masyarakat dengan baik dan kepuasan pelanggan tetap terjaga.

  • Fungsi dan Prioritas

Prioritas utama tim marketing adalah membina hubungan baik dan menjangkau konsumen. Tujuannya agar konsumen tersebut bisa jadi pelanggan setia produk yang mereka pasarkan. Sedangkan fungsi dari sales adalah memahami dan mengakomodasi kebutuhan atau keinginan dari konsumen di lapangan.

Jadi bisa dibilang tim marketing punya prioritas dari sisi keuntungan perusahaan dengan menaikkan tingkat penjualan produk. Sedangkan sales punya prioritas untuk mengenali kebutuhan konsumen sekaligus memenuhinya lewat produk yang mereka tawarkan. Perbedaan ini pulalah yang menciptakan sinergi antara sales dan marketing untuk mencetak laba.

  • Tujuan dan Aktivitas Kerja

Tim marketing bertugas untuk memastikan bahwa produk atau jasa yang mereka jual menarik, berkualitas dan dibutuhkan oleh calon konsumen. Tim marketing bertugas untuk menyiapkan produk sebelum dijual langsung ke lapangan. Bisa dibilang bahwa tim marketing bekerja dari belakang layar untuk memastikan semua produk sebelum dijual.

Sedangkan sales bertugas untuk menemui konsumen baik via online ataupun face to face. Sales punya tujuan agar calon konsumen yakin dan tertarik untuk membeli produk yang sudah disiapkan oleh tim marketing. Jadi sales bekerja di depan layar dan berhadapan langsung dengan konsumen.

Nah itulah perbedaan antara marketing dan sales. Semoga artikel ini bermanfaat ya Sobat HeRo!

Penulis                         : Nining Yuningsih

Editor                          : Thalitha Avifah Yuristiana

Kategori                     : Dunia Kerja

Referensi         : 

qwords.com. (2020). Mengenal Perbedaan Sales dan Marketing. Diakses 17 November 2020, dari https://qwords.com/blog/perbedaan-sales-dan-marketing/

  • Share this post

Leave a Comment