Kenali 3 Jenis Kepribadian Kamu untuk Menemukan Peluang Karir yang Cocok

Sobat HeRo, Ternyata kepribadian kita juga mempengaruhi karir kita lho. Setiap individu di dunia ini terlahir dengan kepribadian unik yang berbeda-beda. Kepribadian tersebut secara garis besar dikelompokkan menjadi 3 jenis yaitu ekstrovert, introvert dan ambivert. Tentu terkadang seseorang dapat memiliki sekaligus 3 jenis kepribadian tersebut dalam dirinya, tapi pasti ada satu yang paling dominan. Nah, tentunya dalam sebuah proses rekrutmen kita mengenal psikotes. Dalam tahapan inilah diperhatikan tipe kepribadian masing-masing kandidat. Sehingga memahami jenis kepribadian kita sebelum berkarir itu sangat penting loh.

Alasan pentingnya untuk memahami jenis kepribadian untuk pekerjaanmu adalah untuk mendapatkan kesempatan kerja yang tepat dan cocok dengan diri kita sendiri. Tipe kepribadian memberikan gambaran yang cukup lengkap tentang karakteristik kita. Mulailah dengan cara kalian berinteraksi dengan orang lain hingga cara kalian bereaksi terhadap bagaimana responmu pada rasa stress atau tertekan. Misalnya, jika kalian tidak suka berbicara di depan umum atau berpidato, kalian dianjurkan tidak bekerja di bidang hubungan masyarakat atau public relation. Memiliki pekerjaan yang tepat yang sesuai dengan kepribadian kalian akan menghasilkan kinerja pekerjaan yang lebih juga. Beberapa tes kepribadian seperti MBTI dan DiSC memberikan gambaran yang lebih lengkap. Kedua alat tes tersebut bahkan memberikan saran profesional yang sesuai dengan tipe kepribadian kalian.

Jenis kepribadian juga bisa menjadi faktor dalam memutuskan apakah akan tetap di perusahaan atau tidak. Jika kepribadian kalian tidak sesuai dengan budaya atau keinginan perusahaan, lalu apa yang membuat kalian terus bertahan?. Pentingnya memahami tipe kepribadian untuk karier juga untuk meningkatkan kepuasan kerja. Memahami peran apa yang paling cocok berdasarkan kepribadian adalah hal yang akan membuatmu bahagia di tempat kerja. Setiap orang memiliki tipe dan kepribadiannya masing-masing, tapi hal tersebut penting untuk menentukan langkah karier mereka. Kepribadian yang tidak tepat akan membawa dampak buruk bagi perusahaan dan pribadi masing-masing orang.

Tipe Kepribadian

Lalu, apa saja sih, tipe-tipe kepribadian manusia itu?

1. Ekstrovet

Memiliki sifat ekstrovet akan membuat seseorang menjadi pribadi yang terkesan ceria, lebih supel dan gampang membaur di dunia kerja. Tapi hati-hati agar nggak sampai mengarah ke sikap ceroboh. Orang dengan kepribadian ini akan selalu terlihat aktif, ceria, ramah, supel dan lincah. Di mana pun dia berada, dia dapat mengaktifkan atmosfer kapan saja dan terus mengawasinya. Ya, jika kalian termasuk tipe kepribadian ini, maka di kantor tempat kalian bekerja pun pasti akan menjadi fokus perhatian. Orang-orang seperti itu tidak takut mengambil risiko, meski tetap harus berhati-hati agar tidak sembrono. Nah, kekurangan kualitas ini karena sifatnya yang sibuk dan terbuka, dan terkadang sulit menjadi pendengar yang baik. Pada wawancara pertama, kalian harus mengungkapkan kelebihan dan kekurangan kalian secara halus agar atasan kalian dapat mendelegasikan tugas atau pekerjaan yang lebih cocok untuk kalian di kantor.

Baca Juga :

2. Introvert

Memiliki sifat yang introvert membuat seseorang terkesan penyendiri atau pendiam, padahal yang bersangkutan hanya bukan tipe orang yang suka blak-blakan mengungkapkan isi pikiran. Introvert sering dicap sebagai pemalu atau pendiam karena mereka lebih suka bekerja sendiri dan terlihat lebih jarang berbicara dari pada pemilik kepribadian ekstrovert. Meskipun tidak selalu demikian, Introvert biasanya lebih bersedia untuk bertemu dengan beberapa orang dan mengungkapkan pemikiran dan ide mereka ketika seseorang mengajukan pertanyaan atau sangat membutuhkannya. Dalam dunia kerja, introvert juga dibutuhkan sebagai pemikir yang suka memikirkan berbagai hal dengan cermat dan tidak ingin terburu-buru. Jika kalian termasuk dalam kelompok ini, maka kekuatan kepribadian ini ada di pikiran kalian, bukan dalam tindakan kalian. Tipe orang seperti ini lebih cocok untuk pekerjaan yang tidak membutuhkan banyak interaksi dengan banyak orang, dan akan bekerja paling baik saat menghadapi pekerjaan yang membutuhkan perhatian tinggi dalam waktu yang lama.

3. Ambivert

Kepribadian ambivert merupakan kombinasi yang pas di tengah yang membuat seseorang dengan kepribadian ini cenderung lebih pandai dalam menempatkan diri. Beruntung jika kalian memiliki seorang kepribadian ini, yang merupakan perpaduan antara ekstrovert dan introvert. Jika kalian termasuk tipe kepribadian ini, kalian dapat beradaptasi dengan baik dalam berbagai situasi. Kalian tahu kapan harus sibuk dan kapan harus diam. Nah, orang dengan kepribadian seperti ini biasanya cocok sebagai pengembang sumber daya manusia, terapis atau psikolog. Jika memiliki kepribadian seperti ini, kalian bisa membantu rekan-rekan introvert dan introvert agar bisa bekerja secara harmonis dan bisa saling melengkapi kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Nah, Sobat setelah mengetahui kepribadian kalian, kalian dapat lebih mudah fokus pada bidang tempat kalian bekerja dan di bagian kantor mana kalian bekerja. Orang itu unik karena memiliki kepribadian yang beragam, jadi kalian tidak perlu khawatir menjadi orang yang kurang ceria dari orang A atau kurang tenang dibandingkan orang B di tempat kerja, karena setiap orang memegang peranan penting dalam pelaksanaan pekerjaan. Jika kalian sudah memahami kelemahan dan kekuatan kalian, kalian pasti akan menemukan bahwa jauh lebih mudah untuk mendaki karier dan hidup kalian tanpa merasa terbebani atau menjadi seseorang yang bukan diri kalian sendiri.

Penulis : Arlina

Editor : Elyoenai Rudang

Referensi :

Putu Rizki.2019.Inilah 3 Jenis Kepribadian Pada Manusia Introvert, Ekstrovert, dan Ambivert.Diakses Pada Selasa, 2 Maret 2021.

Pintaria.com.2020.3 Jenis Kepribadian, Kamu Termasuk yang mana?.Diakses Pada Selasa, 2 Maret 2021.

M.Rizka.2020.Simak! Ada Tiga Jenis Kepribadian Manusia, Kamu yang Mana?. Diakses Pada Selasa , 2 Maret 2021.

Sumber Gambar : https://jabarnews.com/assets/uploads/2020/02/p8t8bzi732zu.jpg

  • Share this post

Comments

Leave a Comment