Jabatan Penting Bidang Marketing

Ada dua hal yang harus dipahami mengenai marketing-related jobs. Ada marketing, ada sales. Marketing itu fungsi besarnya. Salah satu sub fungsinya adalah sales. Tugas marketing (and sales) adalah menciptakan demand terhadap produk/jasa yang ditawarkan perusahaan, untuk kemudian memetik demand tersebut, yaitu berupa omzet. Apa saja  yang merupakan tugas marketing? Tugas marketing adalah menciptakan awareness terhadap brand, membangun interaksi dengan customer, menghadirkan customer experience, sehingga customer melakukan repeat buying. Eksekutor fungsi marketing ini bisa dibedakan berdasar produk, target segmen, atau wilayah.

Product Manager/Brand Manager/Product Executive

Ini adalah posisi yang tanggung jawabnya seputar brand dan omzet. Penjualan tidak langsung ditanganinya. Biasanya melalui sales. Tapi kalau ada penurunan omzet, tentu yang harus bertanggung jawab adalah orang ini. Product manager juga memegang anggaran komunikasi. Bisa disalurkan menjadi iklan, diskon, event, dan sebagainya. Bila ada hal yang ditanyakan terkait brand tersebut, semua orang akan menghubungi dia. Ada brand manager yang hanya mengelola marketing, tetapi ada juga brand manager yang mengelola marketing + supply chain dari produk tersebut di pabrik (suplai bahan baku, kuantitas yang harus diproduksi di periode mendatang, dst).

Community Manager/Engagement Manager  

Meskipun namanya manager, belum tentu dia punya staff. Setidaknya staff langsung. Tugasnya adalah membangun hubungan dengan para customer. Khususnya apabila customer tersebut dikelompokkan berdasar segmen masing-masing. Karena posisinya lebih dekat ke customer daripada dengan jenis produk/layanan tertentu, maka produk/layanan apapun bisa ditawarkan kepada pelanggannya.

Area Manager

Peran ini lebih banyak urusan sales-nya daripada marketing-nya. Biasanya brand sudah dibangun lewat bombardir iklan via media massa secara masif. Tugas area manager adalah membuat toko membeli sebanyak-banyaknya dari kita. Misalkan, kita selesaikan lewat program diskon kepada consumer, sehingga barang dicari dan toko mau mengambil lebih banyak.

Baca juga yuk!

Project Manager 

Tugasnya meng-handle project. Sebagai contoh project manager di bidang IT. Berpengalaman sebagai programmer, maupun sebagai analyst. Jadi dia tahu apa yang bisa dilakukan perusahaannya (oleh tim programmer di back office), serta dia juga tahu customer needs serta what kind of solution to solve their problem. Posisi seperti ini bisa jadi jarang berada di kantor pusat (headquarter, HQ).

Account Manager 

Kalau project manager itu membangun dan menjaga relationship dengan klien, sekaligus memimpin pekerjaan, ada juga yang memastikan relationship (dan order, tentu saja) terus-menerus berlangsung. Semisal agensi periklanan, agensi public relation, dan sejenisnya ada account manager yang selalu mudah untuk dihubungi oleh klien. Sekaligus menjadi satu-satunya pintu komunikasi antara klien dengan agensi tersebut.

Market Analyst 

Sebagai support brand manager, ada fungsi-fungsi yang bertugas menghimpun, mengolah, menganalisis data dari market. Hasilnya kemudian menjadi landasan untuk brand manager mengambil keputusan. Apakah brand tersebut layak diangkat memasuki kelas pasar yang lebih premium. Apakah brand tersebut bisa dibawa memasuki wilayah distribusi yang baru, dan seterusnya.

Salesman Taking Order (Salesman TO) 

Tugasnya berkeliling ke toko-toko menawarkan pelanggan untuk mengorder produk yang dia tawarkan. Membangun hubungan dengan pelanggan, mengamati pesaing, melakukan penagihan, dan membatasi piutang pelanggan toko. Pengiriman dilakukan oleh tim yang bertugas khusus untuk mengirim.

Merchandiser 

Menata tampilan produk di modern market: minimaket, supermarket, wholeseller, hypermarket, dan lainnya. Tampilan di mana saja yang harus dikelola dengan baik, agar memunculkan pembelian tak terencana dari konsumen: rak-rak penjualan, rak-rak dekat kasir, display di floor, display di shelf (rak), dan lain sebagainya.

Penulis : Sylvianita

Editor : Mita

Referensi :

https://bills.alterra.id/pekerjaan-divisi-marketing/

  • Share this post

Comments

Leave a Comment