Ingin Menjadi Manajer yang Baik? Simak Ulasan Berikut Ini!

Di setiap perusahaan, terdapat hirarki manajemen yang menjaga seluruh proses agar berjalan dengan baik. Manajer yang baik bertindak sebagai fasilitator saat berada di lingkungannya serta menyesuaikan berbagai hal untuk menghasilkan efek yang luar biasa.

Salah satu cara menjadi manajer yang baik adalah memimpin dengan kepala dingin dan memberikan contoh yang bijak. Ini merupakan pekerjaan yang sulit karena di satu sisi kamu harus mengatur ego dan ekspektasi.

Meskipun begitu, ada beberapa trik yang akan membantumu agar berhasil mengatur semua tanggung jawab sekaligus cara menjadi manajer yang baik.

Mendelegasi dengan bijak

Kunci untuk sukses dalam leadership dan menjadi manajer yang baik adalah dengan belajar untuk mendelegasikan secara efektif baik tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas maupun otoritas yang diperlukan untuk menyelesaikannya.

Banyak manajer yang merasa bahwa mereka perlu mengontrol setiap hal kecil yang karyawan lakukan. Hal ini justru bisa menjadi bencana. Ketika kamu mendelegasikan pekerjaan pada bawahanmu, kamu akan terbantu dan tentunya mengembangkan kepercayaan diri mereka.

Menentukan tujuan

Setiap karyawan memiliki tujuan bekerja, Tak hanya membuat tujuan sendiri, tetapi tugas manajer juga untuk mengarahkan karyawan kepada tujuan tersebut. Tapi, pastikan bahwa karyawanmu bekerja sesuai tujuan organisasi perusahaan. Buat tujuan spesifik dan monitor secara teratur perkembangan mereka dalam mencapai target tersebut.

Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Komunikasi yang baik merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh seorang manajer perusahaan. Komunikasi yang terjalin haruslah dua arah dan saling bertukar informasi serta saling belajar satu sama lain.

Baca juga yuk!

Bersedia Meluangkan Waktu Untuk Tim

Cobalah luangkan waktu kamu untuk tim, dengan begitu kamu dan tim akan bisa saling bertukar ide dan saling memberikan solusi terhadap permasalahan perusahaan. Anda juga bisa sekedar mengobrol dan makan siang bersama.

Kenali Pencapaian, Berikan Apresiasi

Setiap karyawan ingin melakukan pekerjaan yang baik dan ketika mereka melakukannya, karyawan tentu menginginkan hal tersebut diketahui bosnya. Sayangnya, beberapa bos atau manajer tidak fokus pada hal tersebut. Dengan mengenali pencapaian yang dilakukan karyawanmu dan memberikan apresiasi tentunya akan membuat semangat tim meningkat.

Berilah Semangat Untuk Tim Anda

Salah satu tugas manajer adalah menanyakan secara teratur pada karyawan bagaimana mereka menyukai pekerjaannya. Doronglah mereka untuk jujur padamu. Lalu, ambil tindakan berdasarkan apa yang mereka utarakan. Tawarkan bonus yang akan membuat karyawan menghargainya.

Jika kesehatan adalah hal yang penting untuk mereka, berikan mereka waktu untuk pergi ke gym dan berolahraga. Jika keluarga adalah sesuatu yang penting, hargailah waktu yang mereka butuhkan untuk mengantar anak ke sekolah di pagi hari atau menjemput di sore hari.

Ambil Tanggung Jawab Atas Kesalahan Karyawan

Ketika salah satu bawahan membuat kesalahan, jangan bersikap seolah-olah kamu berkuasa atas mereka. Ambil kesalahan itu sebagai kesalahanmu, bahkan meskipun secara teknis bukan kesalahanmu. Apa yang sedang kamu lakukan adalah menciptakan sebuah budaya di mana karyawan merasa nyaman saat melakukan kesalahan.

Ini adalah konsep yang sangat penting karena hal ini akan memungkinkan karyawan untuk berinovasi dan pada akhirnya belajar untuk berkembang. Pekerja yang belajar dari kesalahannya akan tumbuh menjadi pekerja yang lebih baik. Sedangkan mereka yang tidak membuat kesalahan di tahap awal biasanya akan bermain terlalu aman, tidak pernah berani masuk ke dalam hal yang lebih menantang.

Perlakukan Setiap Karyawan dengan Setara

Kebanyakan dari kita tidak bisa bersifat egaliter seperti yang kita inginkan. Seringkali, tindakan pilih kasih terjadi secara tidak sadar. Tendensinya adalah memberikan pengakuan yang lebih positif pada orang yang mengingatkan kita tentang diri kita, dan pada orang-orang yang membuat kontribusi terbesar untuk organisasi.

Dalam jangka panjang, orang-orang yang memberi kontribusi tersebut yang akan membuat progres paling besar dalam mencapai tujuan organisasi. Jadi, pastikan kamu memerlakukan setiap karyawan dengan setara sehingga tidak menimbulkan konflik atau kecemburuan.

Konsisten dalam Bekerja

Sangat penting bagimu untuk memperhatikan apakah kamu sudah konsisten atau belum dalam melaksanakan pekerjaanmu.

Sebagai manajer yang baik penting bagi kamu untuk konsisten dalam pekerjaan. Aturlah standar untuk mengukur seberapa efektif dan sukses kinerja kamu dan tim secara konsisten.

Dengan menjadi konsisten kamu bisa menjaga performa tim tetap pada target. Dengan begitu baik tim dan kamu sebagai manajer tetap dipandang baik oleh tim lain ataupun perusahaan secara keseluruhan.

Berikanlah Contoh yang Positif

Salah satu cara menjadi manager yang baik adalah memberikan contoh positif kepada karyawan. Bila kamu memberikan contoh yang baik, secara otomatis karyawanmu akan menghormatimu. Maka dari itu cobalah untuk memperhatikan bagaimana cara kamu berperilaku kepada karyawan.

Mintalah Feedback dari Manajer atau Eksekutif

Agar kamu mengetahui apakah pekerjaanmu sudah tepat atau belum maka kamu disarankan untuk meminta feedback dari manajer atau eksekutif lainnya. Dengan begitu kamu bisa mengevaluasi dirimu apabila terjadi kesalahan dalam pekerjaan. Kamu juga dapat mencari mentor dari manajer yang lebih senior.

Nah, cobalah lakukan berbagai cara menjadi manajer yang baik tersebut untuk membuatmu lebih maju dalam karier dan tentunya dihormati oleh karyawan maupun tim.

Penulis : Yunita Karang

Editor : Mita

Referensi :

https://www.ekrut.com/media/8-cara-menjadi-manajer-yang-baik-dan-sukses

Leave a Comment