Food Stylist, Profesi Unik Dengan Prospek Menarik

Hallo Sobat HeRo! Pernah gak ketika melihat iklan makanan, rasanya tergiur dan akhirnya beli. Eh, pas dibeli ternyata di luar perkiraan, tampilan makanan tersebut sangat berbeda dari iklan yang dilihat sebelumnya. Itulah efek dari sentuhan seorang food stylist. Penasaran ? Yuk mari cari tahu !

Apa itu Food Stylist ?

Jadi ini merupakan sebuah profesi yang bergelut di bidang kuliner atau makanan. Jika dirinci dari setiap kata, food berarti makanan dan stylist berarti penata atau penghias. Oleh karena itu, profesi bertugas untuk membuat suatu makanan atau minuman terlihat indah. Tidak jauh berbeda dengan perias artis, hanya saja objeknya yang berbeda.

Apa yang Dikerjakan oleh Seorang Food Stylist ?

Pekerjaan food stylist tentu saja merias dan menata makanan agar terlihat indah dan menggiurkan.  Dalam melakukan tugasnya, biasanya akan terlibat dalam sebuah tim. Biasanya tim tersebut terdiri dari fotografer, koki dan editor. Selain merias dan menata makanan, kalian harus bisa menjaga makanan tersebut agar tetap terlihat cantik selama sesi pemotretan.

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Food Stylist ?

Sebenarnya, tidak ada cara baku untuk menjadi seorang food stylist. Akan tetapi, dari kebanyakan yang terjadi, biasanya calon pemilik profesi ini berasal dari latar belakang yang berhubungan dengan pangan. Entah itu dari jurusan tata boga atau pernah kursus memasak.

Hal tersebut sangat penting, karena seorang food stylist haruslah orang yang memiliki minat yang tinggi terhadap makanan. Bisa juga berasal dari jurusan seni dan fotografi, karena tugas utamanya sangat berhubungan dengan keindahan.

Biasanya seorang food stylist akan melakukan magang dan bekerja sebagai freelancer terlebih dahulu untuk meningkatkan kualitas fortopolio dan branding. Disamping itu, peningkatan networking yang bagus dengan senior dan pelaku industri makanan sangat membantu peningkatan karir.

Baca juga Kenali keistimewaan menjadi Jurnalis.

Kemampuan Apa Saja yang Harus Dimiliki ?

Kemampuan utama yang harus dimiliki tentunya yaitu jiwa seni atau jiwa keindahan. Sesuai dengan deskripsi kerjanya yaitu membuat makanan dan minuman terlihat indah dan menggiurkan.

Selain itu, profesi ini sangat membutuhkan pengetahuan mengenai karakteristik dari bahan makanan. Proses pemotretan terhadap makanan bisa menghabiskan waktu hingga seharian. Bayangkan apabila objek pekerjaannya adalah es krim, jika tidak memiliki pengetahuan tentang makanan yang cukup maka es krim tersebut akan meleleh saat proses pemotretan.

Contoh lain, ketika sedang melakukan penataan makanan terkadang harus memperhatikan gizi dari makanan. Walaupun makanan tersebut hanya akan dipotret saja, tetapi penilaian konsumen mengenai gizi sangat penting. Oleh karena itu, pengetahuan tentang bahan makanan sangat diperlukan oleh seorang stylist makanan.

Kemampuan lain yang tidak kalah penting adalah kolaborasi. Biasanya profesi ini akan bekerja dalam tim. Maka dari itu kolaborasi mencangkup cara komunikasi sangat membantu dalam pelaksanaan pekerjaan ini.

Bagaimana Prospek Kerjanya ?

Untuk di Indonesia sendiri, profesi ini masih berkembang dan terhitung belum banyak. Hal terebut tidak sejalan dengan bisnis makanan dan minuman yang semakin berkembang pesat, terutama dalam hal promosi di sosial media, majalah dan lain sebagainya. Oleh karena itu, ini merupakan salah satu pekerjaan dengan prospek yang bagus di Indonesia. Diprediksi akan banyak pekerjaan yang menghampiri stylist makanan profesional saat ini.

Bagaimana Sobat HeRo, tertarik untuk menjadi seorang food stylist ?

Penulis : Taofik Hidayat

Editor : Faiz Sultan

Referensi : KumparanSTYLE,2017. Berminat jadi Food Stylish, Ini Syarat yang Harus Kamu Penuhi,

Comments

Leave a Comment