Santuy Saja, Lakukan 5 Hal Ini Bila Lamaran Kerja Anda Ditolak Oleh HRD

Tidak jarang manusia mengalami berbagai rintangan dalam membangun karirnya masing-masing. Ada yang ditipu oleh rekan kerja yang telah dipercayai, dimarahi oleh atasan, dan terjebak dalam lingkungan kerja yang tidak nyaman.

Mungkin ada pula yang lamaran kerjanya tidak diterima oleh HRD (Human Resources Development) dalam proses perekrutan. Tentunya, Anda akan merasa sangat kecewa bila lamaran kerja Anda ditolak bukan? Namun, meski pun Andada mengalami penolakan tersebut, Anda harus tetap tenang dan mencoba untuk melakukan hal-hal di bawah ini bila lamaran kerja Anda ditolak.

Lakukan Katarsis Setelah lamaran Anda Ditolak Oleh HRD

Tentunya, penolakan dari perusahaan yang Anda incar akan menimbulkan berbagai macam perasaan yang negatif  dalam diri Anda, seperti: sedih, kecewa, dan marah. Perasaan-perasaan negatif tersebut akan berdampak sangat buruk bila hanya Anda pendam, sebab terlalu sering memendam perasaan bisa menjadikan mood Anda tidak stabil dan emosi anda bisa meledak-ledak sewaktu-waktu.

Maka dari itu, Anda perlu melakukan proses katarsis, yaitu proses pelepasan perasaan-perasaan negatif dalam diri seseorang. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk melepaskan perasaan negatif tersebut, beberapa contohnya adalah: bercerita kepada orang yang Anda percayai, melukis, bernyanyi, menulis, melakukan penjelajahan, berdo’a, dan lain sebagainya.

Kasih Penghargaan Kepada Diri Anda Meskipun Lamaran Anda Ditolak HRD

Tidak usah terlalu merasa bersedih bila lamaran kerja Anda ditolak oleh (Human Resources Development). Anda harus tetap merasa bangga  kepada diri Anda sendiri sebab Anda sudah berani untuk mencoba. Dan tetaplah berpikiran positif dan percaya bahwa akan ada tempat kerja lain yang  lebih cocok dan mau mempekerjakan Anda.

Anda Perlu Mencoba Untuk Mengirim emaiBalasan Kepada Perusahaan Yang Menolak Lamaran Kerja Anda

Kebanyakan orang lebih sering tidak membalas email HRD atas penolakan lamaran kerja mereka, sebab mereka berpikir bahwa membalas email tersebut tidak ada gunanya dan tidak akan bisa merubah situasi.

Mengirim email balasan terhadap penolakan tersebut dapat berdampak baik lho. Hal tersebut akan memberikan kesan bahwa Anda memiliki rasa hormat kepada perusahaan yang telah menolak Anda. Ini berpotensi menjadikan nama Anda dipertimbangkan kembali bila suatu saat perusahaan tersebut membuka lowongan yang sama.

BACA JUGA: 5 Pro Tips Karyawan Teladan, Check!

Anda Perlu Meminta Saran Kepada Orang Yang Anda Percayai Setelah Lamaran Kerja Anda Ditolak

Setelah mengalami penolakan, Anda perlu untuk mencari penilaian dari orang yang Anda percayai mengenai kekurangan-kekurangan Anda. Dengan begitu, Anda akan menemukan penyebab penolakan yang Anda alami dan bisa fokus untuk mencari solusi terhadap permasalahan tersebut.

Temukan Alasan  HRD Menolak Anda

Ada banyak alasan mengapa sebuah perusahaan menolak lamaran seseorang, bisa karena  karir yang Anda bidik dalam perusahaan tersebut tidak sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki, bisa jadi pula karena berkas-berkas yang Anda kirimkan tidak sesuai dengan peraturan yang diberikan oleh si perekrut.

Maka dari itu Anda perlu untuk menemukan alasan mereka menolak Anda dengan cara interopeksi diri, meminta penilaian orang yang Anda percaya, atau bisa pula dengan menanyakannya langsung kepada HRD. Bila Anda telah menemukan alasan tersebut, Kemungkinan besar Anda tidak akan terjebak dalam kesalahan yang sama.

Penulis: Yunita Karang

Editor: Thalitha Avifah Yuristiana

Referensi

Womantalk.com. (2017). Ini Yang Harus Dilakukan Ketika Lamaran Kerja Anda Ditolak. Diakses tanggal 05 November 2020.

Pijarpsikologi.com. (2017). Katarsis: Cara Mengungkap Emosi. Diakses tanggal 05 November 2020

  • Share this post

Leave a Comment