Berhalangan Datang untuk Interview? Berikut Tata Cara yang Benar untuk Minta Izin Reschedule

Panggilan wawancara merupakan mimpi bagi semua pelamar kerja, termasuk sobat HeRo bukan? Salah satu momen paling ditunggu ini biasanya sudah dipersiapkan jauh-jauh hari, kerena wawancara merupakan bagian terpenting  dari sebuah proses rekruitmen.

Tetapi, pernahkah sobat HeRo tiba-tiba mengalami keadaan darurat yang mana mengharuskan kalian untuk meminta reschedule interview? Hal ini memang jarang terjadi tetapi bukan berarti  tidak mungkin.

Nah untuk mengajukan perubahan jadwal wawancara terdapat beberapa tata cara yang harus dipehatikan. Jika sobat HeRo faham akan tata cara tersebut, maka kesempatan kalian untuk ikut wawancara lanjutan akan lebih besar. Apa sajakah tata caranya? Simak ulasan berikut.

Alasan yang Logis dan Jelas

Jika sobat HeRo ingin mengajukan perubahan jadwal wawancara, pastikan kalian memiliki alasan yang jelas. Misalnya ketika kalian masih bekerja dan jadwal wawancara kebetulan bertabrakan dengan jadwal kerja kalian. Atau ketika sobat sedang sakit, yang mana kondisi tersebut mengharuskan kalian untuk bed-rest.  Nah, sobat HeRo tidak perlu panik untuk meminta perubahan jadwal kepada HR. Faktanya, pihak HR akan mengapresisasi alasan yang logis dan tidak berlebihan (Sari 2018). 

Segera Hubungi Pihak Terkait

Tata cara yang kedua ialah dengan segera menghubungi HR untuk memberitahukan masalah reschedule. Semakin cepat semakin baik. Hal ini dilakukan untuk menghargai effort yang telah dilakukan pihak HR untuk memberi kalian jadwal wawancara, karena mereka tidak hanya menginformasikan satu  pelamar kerja, tetapi  puluhan orang setelah proses penyortiran yang tak kalah melelahkan. Namun jika sobat HeRo mengalami  musibah mendadak, kalian tidak perlu panik. Selama sobat HeRo antusias dan jujur kepada pihak HR maka besar kemungkinan sobat akan mendapat jadwal wawancara baru (Sari 2018).

Gunakan Tata Bahasa yang Baik dan Benar

Dalam mengajukan perubahan jadwal wawancara, ada baiknya jika hal tersebut diutarak dengan bahasa yang baik dan sopan. Biasanya jobseekers akan menghubungi pihak HR melalui email yang tercantum.

Pemberitahuan lewat email biasanya ditujukan untuk mereka yang ingin mengubah jadwal jauh-jauh hari. Sedangkan jika sobat HeRo mengalami musibah mendadak saat berangkat wawancara, kalian bisa mencoba untuk menelepon pihak HR. Terlepas dari dua pilihan tersebut, pastikan sobat HeRo menggunakan bahasa yang sopan ya (Prasetyo 2019). 

Ajukan Jadwal Wawancara Alternatif

Nah setelah sobat HeRo mendapatkan konfirmasi untuk pergantian jadwal wawancara, tidak ada salahnya untuk inisiatif bertanya mengenai waktu wawancara yang baru. Tindakan ini dianggap sebagai tanda positif tentang kalian,  yang mana  perusahaan mungkin akan mempertimbangkan sobat HeRo  sebagai calon karyawan yang berkemauan besar dan pantang menyerah. Kalian juga boleh memberi informasi kepada HR mengenai ketersediaan kalian  terkait jadwal wawancara yang baru. Jangan lupa untuk selalu memerhatikan tata bahasa ya (Sari 2018).

Ucapkan Rasa Terimakasih pada Rekruiter

Tata cara yang kelima lebih berfokus pada attitude para sobat HeRo. Setelah kalian berhasil mendapat jadwal wawancara baru, jangan lupa untuk berterima kasih kepada pihak HR karena telah diberi kesempatan tersebut. Ada beberapa perusahaan yang tidak menerima permintaan reschedule loh, jadi mendapatkan jadwal wawancara baru merupakan sebuah privilege yang harus diapresiasi (Prasetyo 2019).

Manfaatkan Kesempatan dengan Baik

Langkah terakhir ialah eksekusi yang matang. Patut diketahui dengan mendapat jadwal wawancara baru, sobat HeRo memiliki waktu lebih untuk mempersiapkan diri. Gunakan kesempatan ini untuk berlatih dan mempersiapkan semuanya, sehingga kalian tidak hanya mampu datang ke wawancara mendatang, tetapi juga sukses dalam menjawab semua pertanyaan dari HR. Dengan begitu kesempatan diterima bekerja di perusahaan idaman semakin meningkat (Septiana 2020).

Nah sekarang sobat HeRo sudah faham tentang tata cara meminta izin untuk reschedule interview, jangan lupa selalu perhatikan tata bahasa juga ya. Semoga artikel ini bermanfaat. Semangat!!

Penulis            : Aliza Prasasty Mawaddah

Editor             : Thalitha Avifah Yuristiana

Referensi        :  

Prasetyo, Reno. 2019. topcareer.id. 04 Desember. Diakses Oktober 2020, 2020. https://topcareer.id/read/2019/12/04/15747/cara-profesional-minta-jadwal-ulang-wawancara-kerja/.

Sari, Fitriana Monica. (2018). liputan6.com. 31 Oktober. Diakses Oktober 31, 2020. https://www.liputan6.com/bisnis/read/3677581/berhalangan-saat-wawancara-kerja-lakukan-cara-ini.

Septiana, Tiyas Widya. (2020). kontan.co.id. 2020 Agustus. Diakses Oktober 31, 2020. https://lifestyle.kontan.co.id/news/5-cara-tepat-meminta-reschedule-interview-jika-tak-bisa-hadir-saat-interview?page=all.

  • Share this post

Leave a Comment