Apa Saja Sih Manfaat dari Sistem Kehadiran Pegawai di Perusahaan?

Suatu kewajiban para pegawai untuk hadir di kantor. Hal itu sudah menjadi bagian dari peraturan perusahaan. Bahkan kehadiran para pegawai merupakan salah satu faktor yang diperhitungkan dalam penilaian kinerja.

Biasanya para pegawai yang mendapatkan poin positif dalam hal kedisiplinan dan kepatuhan adalah mereka yang masuk kantor dan memulai kerja tepat pada waktunya, jarang izin, serta pulang sesuai jam yang ditentukan.

Meskipun dalam urusan pekerjaan pegawai tersebut termasuk rata-rata maupun kurang cakap. Setidaknya dari daftar kehadirannya, para pegawai tersebut menunjukkan kemauan dan komitmen dalam bekerja. Tak ayal lagi, perusahaan lebih menyukai para pegawai yang seperti itu dibandingkan pegawai yang cakap maupun berpengalaman tetapi jarang masuk kantor.

Hal itu dikarenakan perusahaan memiliki ketergantungan terhadap tenaga kerja sebagai motor penggerak laju perusahaan. Begitu juga dengan hal merekrut pegawai baru. Beberapa perusahaan juga mempertimbangkan kemauan dan kejujuran dalam bekerja daripada kecakapan yang bisa dilatih. Banyak dari calon pegawai yang berpengalaman namun tidak diangkat menjadi pegawai tetap.

Hal itu dikarenakan mereka dianggap kurang memuaskan dalam memiliki catatan kehadiran, misalnya seperti sering terlambat, sering tidak masuk, maupun kembali ke kantor melebihi jam istirahat.

Akan tetapi berbeda halnya dengan jenis pekerjaan yang tidak membutuhkan kehadiran pegawai. Merupakan suatu pengecualian pada tenaga marketing atau sales untuk tidak perlu hadir di kantor ataupun misalnya diharuskan hadir di kantor hanya dua atau tiga hari dalam seminggu.

Lantas bagaimana dengan sistem kehadiran para pegawai? Sistem kehadiran pegawai sering sekali disepelekan dan dianggap biasa saja. Padahal sebenarnya dari sanalah terbentuknya loyalitas pegawai terhadap perusahaan.

Baca Juga:

Manfaat Sistem Kehadiran Pegawai

Berikut 4 manfaat sistem kehadiran pegawai di perusahaan:

Lebih Efektif

Memiliki sistem kehadiran merupakan suatu keharusan yang berperan besar terhadap perusahaan baik dari segi bisnis maupun kinerja pegawai ke depannya.

Sebagian dari perusahaan masih menerapkan laporan kehadiran secara manual dimana hal itu dirasa masih kurang efektif. Oleh karena itu, mesin sistem kehadiran yang memiliki software personalia yang resmi begitu dibutuhkan. 

Lebih Mudah Mengorganisir Pegawai

Penggunaan mesin sistem kehadiran tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan berskala menengah ke atas, akan tetapi juga membantu perusahaan kecil.

Bagi perusahaan besar akan sangat terbantu karena dengan begitu akan lebih mudah mengorganisir pegawai terutama dalam segi administratif, sedangkan bagi perusahaan kecil dapat terbantu dalam membentuk kultur sebuah perusahaan agar lebih disiplin.

Dalam perkembangan teknologi menawarkan sistem kehadiran modern yang tidak hanya menggunakan scan wajah, jari, dan kartu, namun juga sistem kehadiran cloud melalui aplikasi di smartphone untuk memudahkan sistem kehadiran pegawai di mana saja tanpa menghambat kinerja mereka.

Laporan Data Pegawai Bisa diolah Secara Otomatis

Terdapat peran mesin dan software sistem kehadiran yang sangat membantu perusahaan. Dengan pengaturan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan pada software sistem kehadiran, laporan data pegawai bisa diolah secara otomatis. Selain meningkatkan efisiensi perusahaan, hal ini juga penting untuk memastikan pegawai mendapatkan upah yang sesuai.

Teknologi pada mesin sistem kehadiran modern memudahkan para pegawai untuk memantau kehadiran dan keperluan administratif seperti jumlah izin melalui mesin maupun aplikasi cloud. Sistem ini mampu menumbuhkan kepercayaan antar pegawai dan kedisiplinan di dalam perusahaan. 

Mencegah Pemalsuan Identitas

Dengan teknologi sistem kehadiran, identitas tidak dapat dipalsukan sehingga data yang terekam melalui mesin itu sangat akurat. Selain itu terdapat beberapa jenis mesin sistem kehadiran yang juga bisa berfungsi sebagai akses kontrol pintu bagi pegawai yang telah ditetapkan oleh perusahaan dengan pilihan password, sidik jari, kartu, dan scan wajah.

Dengan begitu tingkat keamanan di perusahaan lebih aman dan terjaga.

Penulis: Aijin Isbatikah

Editor : Miatu Khabbah

Referensi:

MPPSOFT. 2019. Manfaat sistem absensi karyawan. Diakses pada 1 maret 2021.

Nastiti Swargarani. 2017. Pengaruh sistem absensi karyawan terhadap kesuksesan perusahaan. Diakses pada 1 maret 2021.

Mira Cahyaningtyas. 2019. Seberapa penting kehadiran karyawan di kantor. Diakses pada 1 maret 2021.

Comments

Leave a Comment